Advertising

Friday, June 8, 2007

Atlantis : Kisah Benua Yang Hilang




Lihat pada gambar,Menurut Kisah dari Plato,disitulah letak dari Benua Atlantis


Legenda yang berkisah tentang "Atlantis", pertama kali ditemui dalam karangan filsafat Yunani kuno:
Dua buah catatan dialog Plato (427-347 SM) yakni: buku Critias dan Timaeus.

Pada buku Timaeus, Plato berkisah: Di hadapan "Selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut. negara besar yang mempunyai peradaban tinggi itupun lenyap dalam semalam."

Satu bagian dalam dialog buku Critias, tercatat kisah Atlantis yang dikisahkan oleh adik sepupu Critias.
Critias adalah murid dari ahli filsafat Socrates , tiga kali ia menekankan keberadaan Atlantis dalam dialog.Kisahnya berasal dari cerita lisan Joepe yaitu moyang lelaki Critias, sedangkan Joepe juga mendengarnya dari seorang penyair Yunani bernama Solon ( 639-559 SM). Solon adalah yang paling bijaksana di antara 7 mahabijak Yunani kuno, suatu kali ketika Solon berkeliling Mesir, dari tempat pemujaan makam leluhur mengetahui legenda Atlantis. Catatan dalam dialog, secara garis besar seperti berikut ini:

"Ada sebuah daratan raksasa di atas Samudera Atlantik arah barat Laut Tengah yang sangat jauh, yang bangga dengan peradabannya yang menakjubkan. Ia menghasilkan emas dan perak yang tak terhitung banyaknya: istana dikelilingi oleh tembok emas dan dipagari oleh dinding perak. Dinding tembok dalam istana bertakhtakan emas,cemerlang dan megah. Di sana, tingkat perkembangan peradabannya memukau orang. Memiliki pelabuhan dan kapal dengan perlengkapan yang sempurna, juga ada benda yang bisa membawa orang terbang. Kekuasaannya tidak hanya terbatas di Eropa, bahkan jauh sampai daratan Afrika. Setelah dilanda gempa dahsyat,tenggelamlah ia ke dasar laut beserta peradabannya, juga hilang dalam ingatan orang-orang."


ATLANTIS digambarkan sebagai peradaban dengan tingkat kemajuan teknologi yang tinggi.Konon,Pesawat Terbang,Pendingin ruangan,batu baterai,dll telah ada pada masa itu

Penyelidikan Arkeolog
Menurut perhitungan versi Plato, waktu tenggelamnya kerajaan Atlantis, kurang lebih 11.150 tahun silam. Plato pernah beberapa kali mengatakan, keadaan kerajaan Atlantis diceritakan turun-temurun. Sama sekali bukan rekaannya sendiri. Plato bahkan pergi ke Mesir minta petunjuk biksu dan rahib terkenal setempat waktu itu. Guru Plato yaitu Socrates ketika membicarakan tentang kerajaan Atlantis juga menekankan, karena hal itu adalah nyata, nilainya jauh lebih kuat dibanding kisah yang direkayasa.

Jika semua yang diutarakan Plato memang benar-benarnyata, maka sejak 12.000 tahun silam, manusia sudah menciptakan peradaban. Namun di manakah kerajaan Atlantis itu? Sejak ribuan tahun silam orang-orang menaruh minat yang sangat besar terhadap hal ini. Hingga abad ke-20 sejak tahun 1960-an, laut Bermuda yang terletak di bagian barat Samudera Atlantik, di kepulauan Bahama, dan laut di sekitar kepulauan Florida pernah berturut-turut diketemukan keajaiban yang menggemparkan dunia.


*Suatu hari di tahun 1968, kepulauan Bimini di sekitar Samudera Atlantik di gugusan Pulau Bahama, laut tenang dan bening bagaikan kaca yang terang, tembus pandang hingga ke dasar laut. Beberapa penyelam dalam perjalanan kembali ke kepulauan Bimini, tiba-tiba ada yang menjerit kaget. Di dasar laut ada sebuah jalan besar! Beberapa penyelam secara bersamaan terjun ke bawah, ternyata memang ada sebuah jalan besar membentang tersusun dari batu raksasa. Itu adalah sebuah jalan besar yang dibangun dengan menggunakan batu persegi panjang dan poligon, besar kecilnya batu dan ketebalan tidak sama, namun penyusunannya sangat rapi, konturnya cemerlang. Apakah ini merupakan jalan posnya kerajaan Atlantis?

*Awal tahun '70-an, sekelompok peneliti telah tiba di sekitar kepulauan Yasuel, Samudera Atlantik. Mereka telah mengambil inti karang dengan mengebor pada kedalaman 800 meter di dasar laut, atas ungkapan ilmiah, tempat itu memang benar-benar sebuah daratan pada 12.000 tahun silam. Kesimpulan yang ditarik atas dasar teknologi ilmu pengetahuan, begitu mirip seperti yang dilukiskan Plato! Namun, apakah di sini tempat tenggelamnya kerajaan Atlantis?

*Tahun 1974, sebuah kapal peninjau laut Uni Soviet telah membuat 8 lembar foto yang jika disarikan membentuk sebuah bangunan kuno mahakarya manusia! Apakah ini dibangun oleh orang Atlantis?

*Tahun 1979, ilmuwan Amerika dan Perancis dengan peranti instrumen yang sangat canggih menemukan piramida di dasar laut "segitiga maut" laut Bermuda. Panjang piramida kurang lebih 300 meter, tinggi kurang lebih 200 meter, puncak piramida dengan permukaan samudera hanya berjarak 100 meter, lebih besar dibanding piramida Mesir. Bagian bawah piramida terdapat dua lubang raksasa, air laut dengan kecepatan yang menakjubkan mengalir di dasar lubang.

Piramida besar ini, apakah dibangun oleh orang-orang Atlantis? Pasukan kerajaan Atlan pernah menaklukkan Mesir, apakah orang Atlantis membawa peradaban piramida ke Mesir? Benua Amerika juga terdapat piramida, apakah berasal dari Mesir atau berasal dari kerajaan Atlantis?

*Tahun 1985, dua kelasi Norwegia menemukan sebuah kota kuno di bawah areal laut "segitiga maut". Pada foto yang dibuat oleh mereka berdua, ada dataran, jalan besar vertikal dan horizontal serta lorong, rumah beratap kubah, gelanggang aduan (binatang), kuil,bantaran sungai dll. Mereka berdua mengatakan: "Mutlak percaya, yang kami temukan adalah Benua Atlantik! Sama persis seperti yang dilukiskan Plato!" Benarkah itu?

Yang disayangkan, piramida dasar laut segitiga Bermuda, berhasil diselidiki dari atas permukaan laut dengan menggunakan instrumen canggih, hingga kini belum ada seorang pun ilmuwan dapat memastikan apakah sebuah bangunan yang benar-benar dibangun oleh tenaga manusia, sebab mungkin saja sebuah puncak gunung bawah air yang berbentuk limas.

Foto peninggalan bangunan kuno di dasar laut yang diambil tim ekspedisi Rusia, juga tidak dapat membuktikan di sana adalah bekas tempat kerajaan Atlantis. Setelah itu ada tim ekspedisi menyelam ke dasar samudera jalan batu di dasar lautan Atlantik Pulau Bimini, mengambil sampel "jalan batu" dan dilakukan penelitian laboratorium serta dianalisa.
Hasilnya menunjukkan, bahwa jalan batu ini umurnya belum mencapai 10.000 tahun. Jika jalan ini dibuat oleh bangsa kerajaan Atlantis, setidak-tidaknya tidak kurang dari 10.000 tahun. Mengenai foto yang ditunjukkan kedua kelasi Norwegia itu, hingga kini pun tidak dapat membuktikan apa-apa.

Satu-satunya kesimpulan tepat yang dapat diperoleh adalah benar ada sebuah daratan yang karam di dasar laut Atlantik. Jika memang benar di atas laut Atlantik pernah ada kerajaan Atlantis, dan kerajaan Atlantis memang benar tenggelam di dasar laut Atlantik, maka di dasar laut Atlantik pasti dapat ditemukan bekas-bekasnya. Hingga saat ini, kerajaan Atlantis tetap merupakan sebuah misteri sepanjang masa.
Pernah sekitar thn 2003 lalu, nonton acara di Metro TV yang judulnya Ultimate 10,pada saat itu membahas 10 Tempat Paling Misterius di Dunia,dan ternyata Atlantis duduk pada urutan pertama diatas Misteri Segitiga Bermuda dan Danau Loch (baca artikelku sebelumnya).Dari situ aq baru tahu,klo Atlantis memang Tempat Misterius nomor satu yang membuat orang-orang di dunia penasaran setengah mati.Pada saat penayangan Atlantis,diputar sebuah film dokumenter mengenai pelacakan benua yang hilang tersebut oleh para tim arkeolog.Dan benar,dari apa yang aq saksikan didasar laut perairan dangkal Karibia ditemukan semacam jalan setapak yang sangat panjang dengan struktur yang sangat modern.Selain itu,diperairan tsb juga ditemukan semacam bekas-bekas bangunan yang telah hancur!ya amplop,benarkah benua Atlantis itu pernah ada sebelumnya?
Dipta
(diolah dari berbagai sumber)

10 comments:

Firza Fadlan said...

bagus, bagus sekali info-nya. Hanya, saya kurang tahu kebenaran Atlantis. Salam kenal, yaa.

Anonymous said...

sebenarnya dalam islam sudah pernah di ceritakan tentang suatu daerah yg telah di tenggelamkam oleh tuhan karena ke kufurannya,,daerah tersebut digambarkan mempunya peradapan yg tinggi

Anonymous said...

dari berbagai artikeltentang atlantik yang udah gwa baca, gwa ada pertanyaan,, kenapa benua itu bisa hilang y....? mungkin itu pertanyaan bodoh coz tadi di artikel di atas udah ada penjelsan ya,, tapi dari zaman dulusampai sekarang ini manusia pernah mgnalami berbagaimacam bencana yang terus melanda, maungkin bukan cuma manusia tapi seluruh makhluk hidup,, khususnya mengenai banjir... mungkin ga ya ada siklus berulang? khususnya pada bencana banjir ini... coba klo ada pengkajian tentang pola siklus atau yang semacamnya kabar2in ya... msalahnya gwa tertarik banget, soalnya indonesia juga masuk wilayah atlantis cee... kali ajah ntar atau kapan benua yang tadinya tenggelam bakal muncul lagi... terus benua yang sekarang muncul bakal tenggelam, terus yang tadinya ada pencairan gletser di kutub mngkin ada lagi pembekuan air laut di wilayah tertentu,,,, wallwahualam bissawab.... syukran ala hadal i'lan

Anonymous said...

baru kemarin aku beli buku yang sudah diterjemahkan dalam bhs indonesia, ditulis oleh prof. ariso de santos (kalo tidak salah) beliau meneliti selama 30th, konon benua yang hilang itu terletak di kepulauan indonesia, yang waktu jaman es 11000 th yang lalu sebelum gunung berapi meletus adalah sebuah benua yang terbentang luas, kalau ingin lebih seru lagi coba deh ke toko buku gramedia

alam said...

terima kasih atas artikelnya...misteri atlantis emang sangat hangat di dunia ini...tapi q baca di bebrapa blog versi terbaru tentang keberadaan atlantis..bahwa atlantis itu sekarang negara yang kita huni indonesia..kata plato..di dalam kisah di ceritakan klo atlantis adalah kerjaan yang maju kaya dan subur,,negerinya di penuhi tambang emas..perak dan lain2 kekayan alam berdasarkan cerita itu dan setelah di tlusuri katnya atlantis itu sekarang indonesia...


wal alah hu alam benar atau tidaknya...

Anonymous said...

emm.....
masih tetep penasaran ych saaia...
lebih" liat di tv tentang penelitan prof....(lupa namanya) kata dia benua atlantis yg ilng itu adalah indonesia ...... what ????? jd tambah bingung saiia... %(

Anonymous said...

tapi tayangan silet mengatakan mungkin pulau atlantis adalah indonesia dan atlantis menghilang karena gunung berapi krakatau meletus sangat dahsyat sehingga menyebabkan tsunami yang sangat dahsyat juga sehingga tsunami itu sampai ke jepang

Rico said...

setahu saya kalau negri yg sangat maju peradapannya dan kurun waktunya sekitar 10000an th.dan negri itu sudah ada perak dan emas pada dingdingnya,maka saya simpulkan itu adalah kerajaan sulaeman ,nabi ALLAH yg membuat kesepakatan dgn ALLAH bahwa setwlah dia wafat dia minta tak akan ada lagi kerajaaan didunia menyaingi kerajaan nya kelak,bahkan ubinnya dari berlian,,,,

BabyStarLight said...

Aku pernah terbaca di satu blog yang lain berkaitan Atlantis yang mana cerita ini telah diceritakan oleh ustaz blogger itu bahwasanya Atlantis memang merupakan satu negara yang mempunyai peradaban yang sangat tinggi dan rakyatnya sangat bijak pandai. Maka diringkaskan disini, Allah memerintahkan malaikat Jibril turun ke bumi sebagai seorang lelaki untuk bertemu dengan setiap bangsa yang ada di muka bumi pada masa itu. Untuk bertanyakan satu soalan yaitu "Di manakah malaikat Jibril?". Bangsa-bangsa yang lain semuanya memberikan jawapan yang tidak betul, tidak logik. Dan bila Jibril bertemu dengan sekumpulan budak bangsa Atlantis yang sedang mandi di sungai, Jibril bertanyakan soalan yang sama itu. Seorang budak memandang ke langit lalu berkata "Oh Jibril tiada di langit". Lalu memandang pula di dalam sungai "Jibril juga tiada di dalam sungai ini. Kerana Jibril sekarang berada di hadapanku". Maka Jibril menceritakan hal ini kepada Allah SWT. Maka diperintahkan oleh Allah kepada Jibril untuk menenggelamkan Atlantis. Kerana orang-orang Atlantis yang bijaksana itu semuanya tidak beriman kepada Allah (mereka Pagan, kepercayaan menyembah pelbagai dewa-dewi). Maka Allah murka kepada mereka. Dan juga ditakuti, ilmu yang mereka ada pada waktu itu, akan digunakan di jalan yang salah untuk menarik sekalian manusia pada masa lalu ataupun sekarang untuk menyekutukan Allah. Kerana orang-orang Atlantis itu mempunyai ilmu yang sungguh luar biasa hingga penglihatan mereka mampu menembusi langit.

Wallahualam. Mungkin benar, mungkin tidak. Hanya Allah yang Maha Mengetahui.

Anonymous said...

I merely wished to officially say "Hi there" to everyone here. In my opinion , that this appears like an unusually appealing place to be online.

I cannot wait to begin. Do you have any sort of guidance for someone in the beginning stages? Any certain section that you would advise more versus others to begin?

I want to to share with you a quote that i have often found to be tremendously motivational in order to start formal introductions:

[quote]Never believe in mirrors or newspapers. ~Tom Stoppard[/quote]
Greetings,
Mark