Isu Kiamat Tahun 2012 yang Meresahkan (Antara Ramalan dan Fakta Science)

kiamat-badai-matahariDi internet saat ini tengah dibanjiri tulisan yang membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012.

Pada manuskrip peninggalan suku yang dikenal menguasai ilmu falak dan sistem penanggalan ini, disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.


Di luar ramalan suku Maya yang belum diketahui dasar perhitungannya, menurut Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.


Dijelaskan, Sri Kaloka, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.


Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. ”Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti,” ujar Sri.


Langkah antisipatif


kiamat20121Dari Matahari, miliaran partikel elektron sampai ke lapisan ionosfer Bumi dalam waktu empat hari, jelas Jiyo Harjosuwito, Kepala Kelompok Peneliti Ionosfer dan Propagasi Gelombang Radio. Dampak dari serbuan partikel elektron itu di kutub magnet Bumi berlangsung selama beberapa hari. Selama waktu itu dapat dilakukan langkah antisipatif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.


Mengantisipasi munculnya badai antariksa itu, lanjut Bambang, Lapan tengah membangun pusat sistem pemantau cuaca antariksa terpadu di Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan Bandung. Obyek yang dipantau antara lain lapisan ionosfer dan geomagnetik, serta gelombang radio. Sistem ini akan beroperasi penuh pada Januari 2009 mendatang.



Langkah antisipatif yang telah dilakukan Lapan adalah menghubungi pihak-pihak yang mungkin akan terkena dampak dari munculnya badai antariksa, yaitu Dephankam, TNI, Dephub, PLN, dan Depkominfo, serta pemerintah daerah. Saat ini pelatihan bagi aparat pemda yang mengoperasikan radio HF telah dilakukan sejak lama, kini telah ada sekitar 500 orang yang terlatih menghadapi gangguan sinyal radio.


Bambang mengimbau PLN agar melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pemadaman sistem kelistrikan agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk. Untuk itu, sosialisasi harus dilakukan pada masyarakat bila langkah itu akan diambil.


Selain itu, penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang.


Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa, jelas peneliti dari PPSA Lapan, Effendi, dapat mengubah kecepatan gelombang radio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delai propagasi pada sinyal GPS.


Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi. Selain itu, komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tak berfungsi lagi.


Saat ini Lapan telah mengembangkan pemodelan perencanaan penggunaan frekuensi untuk menghadapi gangguan tersebut untuk komunikasi radio HF. ”Saat ini tengah dipersiapkan pemodelan yang sama untuk bidang navigasi,” tutur Bambang. (yuni ikawati/kompas)


32 comments:

Anonymous said...

isu-isu sperti ini sejak tahun 1980an(1980's) sudah ada, saya gak heran lagi, isu2 ini disebarkan oleh orang orang gak waras alias gila sperti (mungkin) tukang ramal, yg marak muncul di media massa. ramal ini ramal itu. kalo mengenai mathari itu, sperti yg pernah terjadi ditahun (kalo gak salah (1983) dan tahun 90's , benda-bneda elektronik bisa terganggu, alat komunikasi/komputer di pesawat terbang bisa mengalami gangguan dan ini berbahaya. Juga bagi manusia bisa menyebabkan kanker kulit, kalo terlalu lama terkena pancaran sinar matahari akibat ledakan gelombang dipermukaan matahari pada tahun tesebut. bila info saya ini ada kekurangan mohon maaf, mungkin ada yg bisa menambahkan informasi ?

Anonymous said...

Yang hanya mengetahui ini semua hanya Allah SWT. Allah tidak akan melakukan itu apabila tidak ada sebabnya dari manusia itu sendiri. Di salah satu ayat dalam Al-Quran, Nabi Muhammad bertanya pada Allah SWT tentang hari kiamat. Namun Allah menjawa, itu urusan-Nya. Jadi Nabi Muhammad SAW saja tidak tahu kapan hari kiamat, padahal Nabi Muhammad adalah manusia pilihan Allah, yg bertemu langsung dengan Allah. Apalagi manusia biasa seperti itu.

@nginBumi said...

kita seharusnya tidak perlu percaya thd ramalan manusia smcm ini.ok,mungkin para ilmuwan bs menjelaskan sebab/proses kiamat itu dg kelimuan-nya.tp tdk dgn menyebutkan kpn kiamat itu trjdi.semua adlh rahasia Allah. Kalau ada manusia yg diberi tahu oleh allah kpn waktunya/tahun berapa kiamat itu tiba,sudahtentu dia adalah para nabi dan rasul.tp nabi dan rasulpun tdk allah beri tahu,apalg kita sbg manusia biasa.yg jls,kiamat memang pasti trjd.sebab dia ald pintu gerbang mnuju akhirat,dmn kita akan bertemu allah tuk mempertanggungjwbkan amal kita di dunia.yg perlu digarisbawahi adl,bahwa salah satu tanda trjadinya kiamat berasa adl munculnya Dajjal.apakah skrg Dajjal sdh muncul?bila iya,dmn dan kpn?yang kedua aldh munculnya isa al-masih atau imam mahdi.nanti dajjal akan dibunuh oleh nabi Isa.stlh itu,40 tahun kemudian baru trjd kiamat.prtanyaan ini,apakah Dajjal sudah muncul?apakah Nabi Isa sudah hadir di bumi dan membunuh Dajjal itu?jd jgn percaya dg kabar yg mendahului takdir Allah itu.jgn sampai kita mnjadi lemah dan ketakutan,sehingga tdk brsemangat tuk melakukan apa2.pikirkan dg jernih!

Anonymous said...

Thx ya yasir master, blog anda bagus, isinya pengetahuan ,cerita2 menarik, sy ingin banyak orang seperti anda agar dapat berbagi &saling mencerahkan, terus update blog anda, saya dukung anda.
bernie_horhoruw@yahoo.co.id
berniehorhoruw@gmail.com

Anonymous said...

Artikel yang spt ini yg bisa jadi fitnah semua orang

sbnrnya tu u tu peramal? ato sok piter? ato jgn 2 sok tau ya....

Dari beberapa analisa memang ada kejanggalan, terutama dr blog ini,

1. full ads, hahaha cari duit ta???

2. masih nebeng n g punya dom sndiri, duh kasihan :D

3. tulisannya seakan2 meyakinkan kayak jualan ebook2 sampah kyk gt

4. Allah itu maha Rahasia, Dan hanya Orang2 kafir yang bisa dan berani menyekutukan Allah, tulisan seperti ini berarti mendahului kehendaknya, pake acara ramal2, mw jadi dukun di dusun aja mang...

5. buat para pembaca, Demi ketenangan anda, jangan anda terlalu terpengaruh dengan tulisan ini, karen apa yang akanterjadi nanti, Hanya Allah yang tau, Hanya TUHAN yang ber kuasa.

Kasihan yasir ni.. :D

Muizz said...

Hanyya Allahlah yang tahu kapan hari itu kan datang, karena dialah pencipta alam semesta

Anonymous said...

apkah ini yg trmasuk hoax?
skrg lg gncar2x isu hoax. .
bs bri saya inforasi ttng hoax?
trimakasih sebelumnya. .
artikel2x bagus. .
sya msih pnasaran dgn isu 2012 tersebut. .
palg dibndingkan degn ramalan dr org brazil. .
sngat berbeda. .

Anonymous said...

gag ada 1 org pun d dnia ini yg mngetahui kpan trjdix kiamat...

Nabi Muhammad SAW yg mnjdi rasul Allah sja tdk mngetahui kpan kiamat trjdi...

shruzx org2 yg mnyebarkan isu2 tsb, brpikirlah dhlu sblm mnybarkan isu2 itu...
apalagi isu2 sprti ini sdh srg trjdi...

Anonymous said...

terus menulis bung...,jangan hiraukan cacian,jika motivasi anda mulia,uang hanya sekedar efek samping

Arif said...

Benar atau tidaknya kiamat itu terjadi tahun 2012, yang penting bagaimana kita terus memperbaiki diri dan memperbanyak amal soleh sebagai bekal kita diakherat.kiamat bisa terjadi kapan saja. entah besok, entah lusa, entah minggu depan, entah bulan depan, entah tahun depan. itu rahasia Allah.marilah sekarang kita berlomba-lomba didalam kebaikan. jazzakumullah yasir master's.....!!!!

Anonymous said...

sebenarnaya saya suka terhadap artikel-artikel seperti ini.tapi hanya untuk pengertian diri sendiri.ga saya aebarluaskan di media apapun.ya termasuk di blog seperti ini.karena efeknya sangat besar seakli.bagi orang-orang yang mohon maaf "kurang tentang pengetahuan agama" blog seperti ini akan ditelan mentah-mentah.ya...kalo mereka punya iman dan pengetahuan agama yang cukup,mungkin bisa menyimpulkan,mengartikan,dan mengambil pengertian sesuai dengan ilmu pengetahuan orang itu masing-masing.tapi bagus juga kok...setidaknya bisa menambah iman dan taqwa kita terhadap Allah SWT.tapi bukan berarti saya percaya dengan artikel ini.saya cuma percaya bahwa hari kiamat itu akan datang.tapi saya ga tahu kapan hari itu datang....,saya cuma berharap dan berdoa.semoga amal ibadah saya dan orang-orang islam diseluruh dunia bisa diterima Allah SWT.amin!!!!!!!kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan kekurangan tempatnya dimanusia.....

Rapier said...

pemberitaan ini hampir sama seperti apa yg diucapkan oleh lia eden kpd public,bhwa akan terjadi kiamat pada tgl 21 desember 2012,tp saya fifty2 akan hal tersebut..krna yg diataslah yg menentukan.

Anonymous said...

ehhhhhhhhh ngentotthhhh.............


sotahu loch anjingggggg.............

Unknown said...

Inilah salah satu kegunaan ilmu pengetahuan....namun harus disertai dg iman.
Iman tanpa pengetahuan akan buta ,namun pengetahuan tanpa iman juga akan menyesatkan.
Memang gak ada satu makhluk ciptaan Allah yg mengetahui kapan itu kejadian hari kiamat, kita semua meng-imani hal itu.
Tapi boleh kan dasar ilmu pengetahuan kita kasih gambaran baru aja efek matahari yg segitu aja bikin geger aturan alam raya, nah apalagi kalau Allah sendiri sudah menghendaki : Kun faya kun...
Bicara orang kafir, kalo kita gak mau munafik, telah banyak yg kita ambil dari mereka : kita pakai komputer produk mereka, kita pakai OS Windows punya mereka ( yg bajakkan lagi... apa gak lebih dosa tuh...pikir aja sendiri..) dan banyak lagi kalo mau disebut satu persatu...
Aku ingatkan, TIDAK ADA HAK KITA UNTUK MEMBERI CAP PADA ORANG LAIN, APAKAH DIA BERIMAN ATAU KAFIR, YG PUNYA HAK HANYA ALLAH...!!!!

Abdul Hady said...

percaya ga percaya tergantung pemikiran masing2...
klo yang skeptis sih cuma bisa bilang hoax.tapi begitu kejadian ama dia baru terkencing2...
klo saya pribadi termasuk yang setengah percaya.ramalan suku maya, mama lauren, dsb, kita kan ga tau mereka bisa ngeramal kaya gitu dari mana.siapa tahu Allah memberi mereka anugrah seperti itu untuk memperingatkan manusia, bukan membodohi manusia akan ramalan...
orang2 bilang semua rahasia milik Allah.bisa jadi suku maya dan ramalan2nya juga rahasiaNya yang baru terkuak...
kalau saya tidak akan mengganggap hal ini hoax ataupun ramalan pasti.tapi sebagai peringatan bagi kita supaya bertaubat.Allah punya beribu cara untuk memberi hidayah pada orang2 yang dikehendakiNya.dan semoga saya salah satunya yang diberkati untuk bertaubat kepadaNya...
teruskan menulis hal2 misteri ini.saya suka karena membuka pikiran saya yang selama ini hanya berkutat dengan video game, hehehe...
keep writing and good luck...

Anonymous said...

Artikelnya keren-keren, menarik menarik, sangat menarik sekali, saya tunggu artikel artikel yang lain bro...

Anonymous said...

Aku trmasuk ga percaya pd ramalan yg satu ini. Yg tau rahasia kiamat itu hanya milik yg di atas. Qta hanya bs beribadah, bertawakal dan berusaha. Jgn mudah terpengaruh ramalan! Coz ibadah Qt bisa2 g diterima slama 40 hari lho...
Buat aja Cerita ini sbg hiburan smata. Key?

Anonymous said...

Saudara saudara saya yang muslim,gak usah ditanggapai terlalu serius blog seperti ini,niat yasir master bagus ini adalah kreativitas,tinggal kita saja yang harus bisa memilah dan memilih,memang kita hampir mendekati saat2 kiamat tp jika menyebutkan waktu itu yang jadi rahasia Allah dan tidak seorangpun tahu,sukses buat yasir master

Anonymous said...

Kiamat itu pasti terjadi, dan bisa kapan saja terjadi. Karena itu hak Tuhan.

Anonymous said...

Saya memang tidak percaya pada ramalan seperti itu, tapi saya senang membacanya (apa lagi saya lagi nunggu filmnya keluar dibioskop nih), y anggap aja ini sebagai pengingat kita akan kiamat agar kita bertaubat kepada Allah. tidak perlu mencaci maki si pemilik blog, ramalan ini juga bukan dia yang meramal kan? dia cuma hanya menyampaikan informasi. Kalian bicara seperti kalian orang yang paling berimamn saja.
Dajjal belum muncul, Nabi Isa juga belum...jadi munkin masih ada waktu buat kita bertaubat...
Pak Yasir...teruskan Blog nya yah...bagus bagus ko ^^

Anonymous said...

Bismillah...!Waah kalau apa yang dikata Lia Eden itu hanya palsu belaka (ramalan) hanya sebagian pencurian setan untuk menyesatkan umat manusia tak ada yang pasti hanya kebetulan saja, tak ada yang bisa menentukan apa dan kapan. Kita juga pernah menyaksikan Lia Eden di SCTV dan RCTI massa di rumahnya ada Anjing Herder bersama para pengikutnya dalam Al Quraan-pun kita tahu bahwa anjing adalah mahluk yang najis dan didalam hadistpun tak akan dimasuki malaikat yang di dalamnya ada anjing, patung dsb, apalagi firman Allah hanya diturunkan sejak diturunkan mulai dari Nabi Adam Ass hingga Nabi Muhammad S.A.W. nabi terakhir adapun Iman Mahdi itu yang dinanti-nantikan umat manusia umumnya umat Islam diikuti Nabi Isa Ass yang pernah saya baca maupun hosting hanya meluruskan kembali diantara umat manusia yang telah melenceng dari ajaran-Nya, sampai saat ini belum ada al Mahdi yang tampak pada diri seseorang dan Al Mahdi itu jika seandainya ada bukan lahir di Negara kita yang dimana telah disesatkan oleh faham-faham freemason (faham-faham kebebasan yang merupakan dasar-dasar dari agama Yahudi saat ini, liat isi Kitab Talmud yang didalam bukan lagi merupakan Kitab Zabur dan kitab Taurat yang dibawa Nabi Daud Ass dan Nabi Musa Ass yang telah diubah oleh imam-imam mereka) dimana adanya kemerosotan ahlak dan aqidah yang mungkin Al mahdi akan lahir di Negara yang ahlaknya terpuji, seperti nabi-nabi terdahulu kita (Allahuma bi shawab). Dan Isu kiamat 2012 yang meresahkan hanya merupakan ramalan bangsa maya dimana pada waktu itu bangsa maya selalu melakukan persembahan terhadap setan dan para pengikutnya dengan upacara pengorbanan manusia, kalau nggak salah Bang Yasir sendiri pernah memposting ini sendiri dan kalau ditinjau dari ilmu pengetahuanpun baik itu segi Astronomi dan Geologi apa dan kapan memprediksi kiamat itu terjadi. Tetapi kalau dilihat dari segi agama kita hanya percaya akan adanya takdir baik dan takdir buruk, begitu pula adanya Qiamat sughra(kecil)di dalamnya termasuk : kematian, peperangan, ciri-ciri kiamat dan Qiamat Qubra(besar) dan hanya Kuasa Allah aza wa jalla yang mengetahui-Nya. Dan mengenai blog seperti ini kita ambil hikmahnya aja sudah siapakah diri kita untuk kembali ke hadapanNya marilah pertebal tentang ketauhidan diri kita semua dengan iman dan takwa, janganlah kita mati dalam keaadaan khufur, semoga diri kita termasuk dari golongan yang diridhoi Allah di hari Akhir nanti, dan bukan dari golongan yang khufur atas segala nikmat dan karunia-Nya.

Anonymous said...

Mengenai ramalan dan hipnotisme baik itu di Negara-negara maju baik itu di Negara negara berkembang saat mulai memasuki merusak pikiran manusia seolah-olah kita dikendalikan oleh pikiran tersebut, padahal Allah di jaman Nabi Sulaiman hingga ke Mesir yang merupakan Bapak Sihir di dunia bukan jaman sekarang lho itu dulu pada zaman nabi Daud (Sejarah Nabi Daud) Allah telah melarang perbuatan sihir dan Occulitisme (termasuk Hipnotis, sulap dsb) tetapi di Negara kita Ramalan, Sulap dalam artian pakai bantuan mahluk halus telah disebarkan melalui media massa RCTI dan SCTV seolah-olah manusia tidak lagi yakin akan diri sendiri dan adanya Khalik yang menciptakannya. Jika kita menonton hipnotisme seolah kita juga terpaku, sungguh sangat disayangkan kenapa media televisi swasta kita menayangkan hal-hal tersebut, jika kita simak apa hikmahnya bagi diri. Kita pernah saya dengar dari ceramah ustad dari Bugis, pantas saja Pemerintahan Negara Malaysia mengharamkan tayangannya di lihat oleh orang-orang Malaysia. Dan adanya Handphone ramalan makin membudaya di Negara kita mau di bawa kemana Negara kita ini gitu broo. Para ulama dan umaro pun kenapa diam aja?jadi kita berkoar-koar niiih. Emang udah jaman edan nich..jaman jahilliah modern lagi ngkaleee. Eh Bang atau Oom Yasir bikin blog sendiri deh yang ngebahas Apa Maanfaat Ramalan dan Hipnotisme mudah-mudahan bisa dibahas dari segi Agama. Bahlul itu hipnotisme dan Ramalan menyesatkan umat.

Anonymous said...

Waktu peristiwa di Gempa di Cianjur bukan banyak orang yang tertimbun tanah kenapa bukan di Negara Kita punya banyak jago-jago yang bisa menyulap seperti Dedi Corbuzier, terus Dedi Raphael dan lain-lain para master yang bisa menghipnotis Orang supaya menjadi kuat dan bisa mengangkat batu-batu itu sungguh sangat disayangkan!

Anonymous said...

Saya dukung anda bung Yasir, keep informative dan pertahankan slogan anda untuk mencari informasi yang aneh2 dan menarik.

Saya pikir kita tahu bahwa blog ini tujuannya adalah untuk menghibur dan refreshing saja, artinya Believe or Not!! Boleh Percaya boleh Tidak!!

Semoga Sukses.

Anonymous said...

halah orang kok suka menipu publik

kena getahnya baru tau kau

Anonymous said...

terlalu laaaaaaaaaaama nungguin taon 2012

Anonymous said...

wah......................kelamaan nggu kiamat taon 2012......mndng sekaranga aja......pengen lihat kiamat jg.........dr pd sesumbar ngomongin hal yg gak pasti mndng lompat aja dr gedung tggi,minum racun,motong nadi........kan kiamat jg to.....

Anonymous said...

apa yg kita ketahui selama ini memang hanya secuil kecil informasi & masih ditambah lagi dengan data-data yang tidak jelas...tetapi tidak berarti semua info ini adalah hoax. konspirasi untuk menghilangkan & menutupi informasi utk publik memang ada. semua orang boleh beropini, maju terus mr. Yasir !!. BTW tahukah anda bahwa virus H1N1 memang sengaja diciptakan & dilepas ke dunia?.

alam said...

bener jga yang comment di atas...isu2 ini emang dari dulu udah pernah ada..bahkan waktu gw sd sering bgt dengerin isu2 yang seperti ini..nah buktinya dan kenyatanya emang masih di ragukan sekli...bener jga mungkin paranormal pengen ikutan terkenal seperti artis...wkakakakk..

yang penting skarang kita lebih mendekatkan diri pada yang di atas aja..sepintar-pintarnya manusia atau america yang katnya bisa terbang ke bulan gk bisa nentuin kapan itu kiamat terjadi..hanya yang di ataslah yang tahu...ingat tuhan kita hnya satu yaitu allah..

lebih jelasnya kunjungi..http://www.indonesiaindonesia.com

Anonymous said...

Wah berita Kiamat 2012 ini sangat meresahkan...

menurut ane jangan uzon dech...

yang di atas yang lebih tau...


www.manrengat.co.cc/

Putr@ said...

Wah berita Kiamat 2012 ini sangat meresahkan...

menurut ane jangan uzon dech...

yang di atas yang lebih tau...

Anonymous said...

sebenarnya bukan kiamat. tetapi sebuah bencana yang akan mengurangi manusia di Indonesia "Nusantara" sehingga manusia nusantara sejati (yang terlepas dari bencana) akan layak menerima kedatangan Ratu Adil dan akan merasakan jayanya Nusantara , dimana Nusantara akan menjadi mercusuar dunia.