Gua Terbesar di Dunia



Gua terbesar di dunia ditemukan di Vietnam, yang terletak di tengah hutan terpencil.

Dikenal sebagai Gua Son Doong, penemuan baru di Vietnam ini lebih besar daripada Gua Deer, gua terbesar yang ditemukan sebelumnya yang terletak di Malaysia, menurut National Geographic.

Son Doong luas di dalamnya sekitar 262 x 262 kaki dan panjangnya sekitar 2,8 mil. Gua Deer luas didalamnya sekitar 300 x 300 kaki tetapi panjangnya hanya sekitar 1 mil.

Penjelajah mengatakan bahwa gua itu mungkin lebih besar, tapi banjir menghalangi jalan bagi eksplorasi lebih lanjut. Di satu tempat, Son Doong luasnya mencapai 460 x 460 kaki, menurut publikasi.

"Tim kedua yang masuk gagal karena banjir," kata Adam Spillane, dari bagian British Cave Research Association, kepada National Geographic. "Kami akan kembali tahun depan untuk memanjat dinding gua itu dan eksplorasi lebih lanjut."

Menurut Daily Telegraph, hutan yang mengelilingi gua, yang terletak di dekat perbatasan Laos, digunakan sebagai tempat persembunyian selama Perang Vietnam.

No comments: