Advertising

Monday, November 21, 2011

NASA Selidiki Apakah Kehidupan Pernah Ada di Mars

Headline
Pihak NASA akan coba mempelajari apakah benar planet Mars dulu pernah ada kehidupan di dalamnya.

Seperti yang dikutip dari IBTimes, NASA akan melakukan dua buah misi ke Mars; pertama, akan menyelidiki permukaannya, kedua akan mengorbit di atas planet tersebut.

Misi pertama ke Mars tersebut akan bernama Mars Science Laboratory (MSL) yang mana akan menggunakan Curiosity, kendaraan paling besar dan canggih yang pernah digunakan di planet tersebut.

Curiosity rencananya dijadwalkan akan meluncur ke Mars pada Desember 2011. Selain itu, Curiosity juga akan dilengkapi oleh perangkat Goddard Sample Analysis (SAM), yang akan mencari bukti air, karbon, dll.

Misi lainnya yang akan diluncurkan NASA untuk meneliti Mars adalah Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN), yang mana akan diluncurkan pada akhir 2013. MAVEN akan mengorbit di planet Mars untuk meneliti atmosfirnya.

"Tujuan utama dari kedua misi ini aadalah untuk menjawab, apakah pernah ada kehidupan di dalamnya," ujar Paul Mahaffy dari Goddard Space Flight Center, NASA.

Menurut Mahaffy, kedua misi tersebut juga ingin mencari tahu apa yang terjadi serta penyebab kepunahan kehidupan di sana, jika memang ada.

MAVEN diperkirakan akan sampai di Mars pada 2014.

No comments: