Advertising

Saturday, January 14, 2012

Secara Singkat Sejarah Berdirinya Turki Usmani

Bangsa Turki adalah bangsa pemberani dan mempunyai rasa disiplin yang tebal. mereka terdiri dari beberapa macam suku bangsa. Ada yang disebut bangsa turki saljuk, ada yang disebut turki usmani. Turki Saljuk telah berkembang berhasil menguasi Baghdad, sayang akhirnya lenyap dihancurkan oleh pasukan Mongol. kemudian timbulah Turki Usmani yang berhasil berkembang luas, dan yang sekarang kita sebut bangsa Turki.

jalan perkembangan bangsa turki Usmani dapat kita ikuti sebagai berikut:

1. Kabilah Ughuz

kabilah itulah yang menurunkan bangsa turki Usmani, mereka berasal dari daerah sebelah utara Tiongkok kemudian pindah kedaerah turkistanhingga zaman abad ke XIII M karena terdesak bangsa Mongol.

2. Sulaiman

pada waktu terjadi penyerbuan dari bangsa Mongol yang dipimpin Jenghis Khan ke wilayah Turki Usmani, kemudian mereka pindah ke tempat lain dibawah pimpinan Sulaiman. tetapi malang nasib pemimpin itu sewaktu menyebrangi sungai Efrat tenggelamlah dia sampai mati. kemudian pimpinan diganti oleh puteranya yang bernama Ertaghrol (1227-1279).

3. Ertaghrol

Dalam pengembangan itu Ertaghrol menjumpai pasukan yang sedang bertempur di dekat Angora yaitu antara pasukan Turki Bani Saljuk untuk menmggempur pasukan Mongol. Berkat pertolongan Ertaghrol itu pasukan Bani Saljuk mendapat kemenangan. atas jasanya itu Ertaghrol mendapat hadiah dari sultan Alaudin sebuah daerah didekat Broessa. setelah Ertaghrol meninggal diganti oleh puteranya yang bernama Usman (1294)

4. Sultan Alaudin dari Bani Saljuk

Kerajaan Turki Saljuk itu di bawah pimpinan Sultanm Alaudin yang berpusat di timur tengah dan Anatolia (daerah Republik Turki sekrang). mereka berhasil menguasai daerah Abasiah dibagian Barat. Dia sering juga mengadakan penyerbuan ke daerah Byzantium yang mendapat bantuan dari Usman dan ternyata menang. oleh sebab itu Usman mendapat anugerah pangkat Amir dari Alaudin.

5. penyerbuan pasukan Mongol

pada tahun 1300 masehi Bani Saljuk mendapat serbuan dari bansa Mngol, pada saat itulah Sultan Alaudin wafat. kerajaan Turki semakin kacau, tetrpecah belah menjadi beberapa Amirat. sedang Amir Usman sendiri pada daerahnya yang merdeka di daerah Timur Konstantinopel.
Jafar Amirudin

No comments: