Buku Harian Ungkap Misteri "Mona Lisa Muda"


Sebuah paket buku harian yang dikirim dari Inggris ke Amerika Serikat tahun 1960-an diyakini bisa menjadi petunjuk penting mengenai asal-usul lukisan potret kontroversial yang dipamerkan di Geneva, bulan lalu, sebagai "Mona Lisa" karya Leonardo da Vinci.
Buku harian itu ditulis pada awal abad ke-20 oleh kolektor serta ahli karya seni Hugh Blaker. Sayangnya, alamat yang dituju di Washington tidak pernah ada.
"Kertas-kertas ini bisa menjadi kunci untuk mengetahui asal dari versi Monalisa ini setidaknya dari 150 tahun lalu," kata Robert Meyrick, akademisi dan ahli soal Blaker, kepada Reuters.
Blaker, pelukis tidak sukses yang juga seorang kurator museum dan penjual, memiliki reputasi dalam mengenali pemilik lama yang menemukan dan membawa kembali "Mona Lisa Muda" pada 1913.
Menurut dia, pemiliknya adalah seorang bangsawan pemilik rumah bangsawan di Somerset, barat Inggris.
Karya yang dipastikan buatan Leonardo itu dia simpan di rumahnya yang ada di pinggiran London, Isleworth, menjadikannya sebagai identitas informal, sampai diserahkan kepada adiknya, Jane, setelah kematiannya pada 1936.
Namun, Blaker tidak mengatakan kepada siapa pun nama penjual lukisan tersebut. Meyrick, yang diundang dalam presentasi di Geneva mengenai ahli seni, sangat tertarik memecahkan misteri itu untuk biografi yang akan dia buat.
"Saya rasa dia pasti memberikan rincian mengenai lukisan dalam buku harian tersebut," katanya dalam surat elektronik pada bulan lalu dari Aberystwyth University di Wales, tempat dia bertugas sebagai Kepala School of Art.
"Jika kami memiliki pengetahuan, kami bisa melacak bagaimana lukisan tersebut bisa menjadi milik keluarga Somerset dan di mana," tuturnya.

 ANT Editor : Jodhi Yudono

No comments: