Surat Asli Nabi Muhammad kepada Pendeta

Sejarah yang jarang terekspos: surat Nabi Muhammad berisi perintah melindungi umat Kristen. Nabi agama Islam, Muhammad, pernah menulis surat kepada biarawan gereja Catherine Monastery. Isinya berupa perintah-perintah kepada umat muslim, salah satunya untuk wajib berperang membela umat nasrani, dan tidak boleh merusak gedung gereja.
Surat Nabi Muhammad kepada biarawan gereja ini telah dibuktikan keasliannya oleh ilmuwan sejarah, dan kini disimpan di gereja St. Catherine’s Monastery, Bukit Sinai, Mesir. Surat berjudul “Piagam Anugerah” itu diberikan Nabi Muhammad kepada seorang delegasi Kristen yang mengunjungi Nabi pada tahun 628 di Madina.
SURAT NABI MUHAMMAD ITU DENGAN KALIMAT YANG JELAS DAN TEGAS MEMERINTAHKAN UMAT ISLAM UNTUK MELINDUNGI UMAT KRISTEN. ISI SURAT TERSEBUT MENCAKUP HAK ASASI MANUSIA, HAK ISTERI UNTUK BERIBADAH DI GEREJA, DAN PERDAMAIAN ANTARA PEMELUK AGAMA ISLAM DAN KRISTEN.
Isi surat Nabi Muhammad — terjemahan dalam bahasa Inggris (sumber dan hak cipta pada Dr. A. Zahoor and Dr. Z. Haq):
1. This is a message from Muhammad ibn Abdullah, as a covenant to those who adopt Christianity, near and far, we are with them.
2.Verily I, the servants, the helpers, and my followers defend them, because Christians are my citizens; and by Allah! I hold out against anything that displeases them.
3.No compulsion is to be on them.
4.Neither are their judges to be removed from their jobs nor their monks from their monasteries.
5.No one is to destroy a house of their religion, to damage it, or to carry anything from it to the Muslims’ houses.
6.Should anyone take any of these, he would spoil God’s covenant and disobey His Prophet. Verily, they are my allies and have my secure charter against all that they hate.
7.No one is to force them to travel or to oblige them to fight.
8. The Muslims are to fight for them.
9.If a female Christian is married to a Muslim, it is not to take place without her approval. She is not to be prevented from visiting her church to pray.
10.Their churches are to be respected. They are neither to be prevented from repairing them nor the sacredness of their covenants.
11.No one of the nation (Muslims) is to disobey the covenant till the Last Day (end of the world).
Terjemahan surat Nabi Muhammad dalam bahasa Indonesia
Isi surat Nabi Muhammad dari teks bahasa Inggris di atas ke dalam bahasa Indonesia. Catatan: Mungkin terjemahan ini tidak sempurna.
Inilah pesan dari Muhammad ibn Abdullah, sebagai perjanjian bagi pemeluk agama 1.Kristen, dekat maupun jauh, bahwa kami mendukung mereka.
2.Saya, para pelayan, penolong, dan pengikut-pengikut saya membela mereka [umat Kristen], karena orang Kristen adalah penduduk saya; dan juga karena Allah! Saya akan melawan apa saja yang tidak menyenangkan mereka.
3.Tidak ada paksaan apa pun terhadap umat Kristen.
4.[Terkait butir nomor 3] Sekalipun oleh para hakim Kristen dan para biarawan Kristen, maka [mereka] akan dikeluarkan dari pekerjaan mereka dan biara mereka.
5.Tidak boleh siapa pun menghancurkan atau merusak tempat beribadah umat Kristen, atau mengambil barang-barang dari dalamnya ke rumah umat Islam.
6.Apabila ada yang mengambilnya [terkait nomor 5], maka dia merusak perjanjian Allah dan tidak taat pada rasul-Nya. Sesungguhnya orang Kristen adalah sekutu saya, dan mereka memperoleh piagam keamanan ini untuk melawan segala hal yang mereka benci.
7.Tidak seorang pun dapat memaksa mereka untuk bepergian atau berperang.
8.Umat Islam wajib bertempur untuk membela mereka.
9.Apabila perempuan Kristen menikah dengan lelaki Islam, maka hal itu tidak dapat dilakukan tanpa persetujuan si perempuan. Dia juga tidak dapat dilarang mengunjungi gerejanya untuk berdoa.
10.Gereja-gereja umat nasrani harus dihormati. Umat Kristen tidak boleh dilarang untuk memperbaiki gereja dan menjaga perjanjian-perjanjian sakral agama mereka.
11.Tidak ada satu orang pun dari antara bangsa-bangsa (muslim) yang boleh tidak-mematuhi perjanjian ini hingga pada Akhir Zaman.
Kemal Maulanaaa

No comments: