Advertising

Friday, December 14, 2012

Tim Arkeolog Temukan Kapak Batu Manusia Prasejarah di Takengon


TAKENGON – Balai Arkeologi (Balar) Medan temukan kapak batu persegi dan lonjong berusia sekitar 3.500 tahun, di Takengon di Loyang Mendale dan Ujung Karang Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. Kapak batu ini digunakan sebagai alat pemotong manusia prasejarah.
"Kapak batu persegi pernah ditemukan di Indonesia bagian barat dan kapak lonjong juga pernah ditemukan di Indonesia Bagian Timur," ujar Ketua Balar Penelitian Medan, Ketut Wiradnyana kepada ATJEHPOSTcom, di Kantin Batas Kota Takengon Jumat 14 Desember 2012.
Kata dia, kapak lonjong yang digunakan manusia prasejarah juga pernah ditemukan di Pulau Weh Sabang. Guna memastikan umur dari kapak batu dan kerangka manusia prasejarah itu, Balai Arkeologi Medan akan mengirimkan sampel ke Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) di Jakarta dalam waktu dekat ini.
Menurut Ketut, penggalian tersebut merupakan salah satu kegiatan Balai Arkeologi Medan dalam program Austronesia di Indonesia bagian timur, dalam kajian budaya Austronesia dan sesudahnya di wilayah budaya Gayo.
Sebelumnya, tim Arkeolog dari Balar Medan juga menemukan kerangka manusia prasejarah berusia 7.400 tahun di komplek penggalian tersebut, pada Selasa 11 Desember 2012.[bna]

No comments: