Advertising

Wednesday, February 6, 2013

Pakar sejarah teliti Kerajaan Linge di Gayo

KERAJAAN Linge kini sedang menjadi sorotan pasca dinobatkannya Tengku Iklil Ilyas Leube sebagai pemangku kerajaan Linge ke 20. Penobatan tersebut menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat dataran tinggi Gayo.
Akibat pro dan kontra tersebut, peneliti dari Universal Development and Research (Unders) akan menyelidiki sejarah Kerajaan Linge.
Penelitian ini diketuai langsung oleh pakar sejarah Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr M Dien Madjid MA. Dia merupakan putra Gayo yang telah lama menetap di Jakarta.
"Kita sudah memulai meneliti Kerajaan Linge yakni tentang kepustakaanya yang melibatkan beberapa orang yaitu dari Nilai Sejarah dan Budaya dari Banda Aceh, beberapa pemuda dari Takengon, Aceh Tengah dan beberapa dari Jakarta," kata dia.
Sementara penelitian ke lapangan, kata dia, akan menyusul dalam waktu dekat ini dan anggota dari Pemuda Gayo juga kan dilibatkan langsung dalam penelitian tersebut. Penelitian ini, kata dia, untuk mengumpulkan serpihan sejarah Kerajaan Linge yang tercecer.
"Setelah diteliti Kerajaan Linge ini, nanti juga akan diadakan seminar untuk membahas Kerajaan Linge yang bertempat di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah pada Mei 2013 mendatang," tutur dia.[](bna)

No comments: