Antara Produk Nike dan Nama Dewi Yunani

nike SEBAGIAN orang mungkin sudah familiar dengan sebuah logo bertanda centang pada produk-produk olahraga. Sebagian orang juga mungkin sangat menyukai modelnya, meski harganya terbilang tinggi. Ya, Nike Inc sebuah perusahaan sport terkemuka di dunia.
Lengkapnya Nike Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Maria Sharapova dan Michael Jordan dll.
Tahukah Anda dari mana nama Nike itu diambil? Dikaitkan dengan mitologi dewa-dewa, Nike adalah nama dari dewi Yunani.
Dalam mitologi Yunani, Nike (yang berarti kemenangan) adalah dewi yang dihubungkan dgn kemenangan dan keberhasilan. Bangsa Romawi menyamakan Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi Nike disebutkan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zeus.
Dewi Nike dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan. Nike sering digambarkan bersayap dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya. Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike berteman dekat dgn Athena (dewi kebijaksanaan).
Nike merupakan salah satu dewi yang figurnya digunakan pada koin. Selain itu figur Nike juga digunakan untuk piala FIFA pertama yg dikenal sebagai piala Jules Rimet. Sejak tahun 1928, figur nike digunakan untuk medali Olimpiade musim panas, yg digambarkan sedang memegang daun palem ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.
Nah, mengenai desain logo Nike kenapa hanya gambar tanda pemeriksaan (check) atau centang? Desain Logo Nike ini bernama Swoosh. Nike “Swoosh” adalah sebuah desain logo yg diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. Dan digunakan sebagai motif pada sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo perusahaan terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1995.
Jadi, tulisan atau simbol seperti Nike yang diambil dari nama dewa Yunani itu kemungkinan dianggap sebagai syiar bagi kaum mereka, bukan hanya sekedar merk dagang tapi ada makna terselubung dibaliknya. [ra/islampos/lintasme/rumaysho]

No comments: