Pemakaman ini berisikan satu juta mumi

peneliti belum mengetahui darimana asalnya.
Pemakaman Ini Berisi Satu Juta MumiGambar ini merupakan anak yang menjadi mumi yang terbalut kain dengan dua gelang pada tangannya. (Professor Kerry Muhlestein)
Pemakaman ini bernama Fag el-famous yang berarti Way of the Water Buffalo. Nama itu diambil sesuai dengan nama japan yang ada di dekat pemakaman.
Pemakaman itu berisi jenazah yang meninggal lebih dari 1.500 tahun lalu saat Kekaisaran Romawi masih menguasai Mesir. Tak seperti kebanyakan pemakaman lainnya yang pernah ditemukan, Fag el-famous ini terbilang tak biasa.

Menurut tim arkeolog Brigham Young University dalam pemakaman ini terkubur lebih dari satu juta mumi. “Kami cukup yakin ada lebih dari satu juta mumi dalam pemakaman ini. Kompleks pemakaman ini begitu besar dan padat,” ujar direktur proyek sekaligus profesor di Brigham Young University Kerry Muhlestein.

Pemakaman ini bukan diperuntukan bagi raja maupun bangsawan. Mereka yang dimakamkan di Fag el-famous ini dikuburkan tanpa barang maupun peti mati. Tidak seperti mumi lain yang menjalani proses pengeluaran organ dalam tubuh sagar dapat awet, jenazah di kawasan ini menjadi mumi karena faktor lingkungan serta alam yang gersang.
“Saya pikir istilah mumi bisa dibenarkan dalam temuan ini, mengingat apa yang terjadi pada penguburan,” ujar Muhlestein.

Meski mumi-mumi itu bukan berasal dari kalangan bangsawan, beberapa temuan benda sekitar pemakaman termasuk indah dan apik. Seperti kain, kaca, sepatu warna-warni yang dirancang untuk anak-anak.
Namun darimana asal mumi ini masih misteri. Sebuah desa yang tak jauh dari pemakaman pun dianggap terlalu kecil untuk banyaknya jenazah yang dikubur.

Ada dugaan mumi-mumi itu berasal dari warga kota kuno bernama Philadelphia. Akan tetapi peneliti belum yakin dengan anggapan tersebut, karena kota kuno itu sudah mempunyai kompleks pemakaman sendiri. “Sulit mengetahui dari mana orang-orang ini berasal,” ujar Muhlestein.
(Sumber: Live Science

No comments: