Makam Ratu Mesir Ditemukan

Makam Ratu Mesir Ditemukan   
Makam Ratu Mesir, diyakini istri Firaun Neferefre yang memerintah sekitar 4.500 tahun lalu. livescience.com
Makam Ratu Mesir yang sebelumnya tidak dikenal ditemukan di kompleks pemakaman piramida di Kairo, Mesir. Orang yang dimakamkan di sini diyakini istri Firaun Neferefre yang memerintah sekitar 4.500 tahun lalu.

Makam ratu ini ditemukan di kompleks pemakaman Neferefre di Abu Sur. Mengacu pada keterangan arkeolog dari Institut Egyptology Ceko, lompleks pemakaman ini didedikasikan untuk Firaun dari dinastik kelima dari kerajaan lama (2494-2345 sebelum Masehi).

“Ini pertama kalinya kami menemukam makam Ratu Mesir,” kata Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh al-Damaty, seperti dikutip dari Livescience, Selasa, 6 Desember 2015.

Nama ratu ini Khentakawess III. Nama tersebut diukir di satu prasasti yang ada di dekat makam. Al-Damaty menduga diukir saat makam dibangun.

Selain sang ratu, ukiran tersebut menyebutkan nama ibu dari Firaun Menkauhor Kaiu, penguasa Mesir ketujuh dari dinasti yang sama dengan Neferefre. Kaiu memerintah selama delapan tahun. Yakni, dari 2422 hingga 2414 sebelum Masehi.

Di atas kompleks pemakaman terdapat mastaba, struktur persegi panjang datar beratap miring yang dibangun dari batu bata. Selain itu juga ada kuil kecil, yang awalnya memiliki pintu masuk di dinding barat. Bagian bawah makam terdiri dari ruang bawah tanah dengan kedalaman 12 kaki, atau sekitar 3.5 meter.

“Banyak barang yang hilang dari makam,” ujar al-Damaty. Yang tersisa, kata dia, dua lusin peralatan berbahan batu kapur dan tembaga.

Piramida Firaun Neferefre tidak pernah selesai. Mungkin karena periode pemerintahannya yang hanya berlangsung 2 sampai 3 tahun.

LIVESCIENCE | AMRI MAHBUB

No comments: