Dimanakah Makam Patih Gajah Mada Sesungguhnya ?

Salah satu makam tokoh Gajah Mada juga terdapat di kabupaten Dompu
Dimanakah Makam Patih Gajah Mada Sesungguhnya ?Gerombolan sapi menikmati rumpul di Desa Pancasila, Dompu. Sapi ini dipasangi lonceng sebagai tanda milik. Setiap gerombolan sapi memiliki lonceng yang berbeda. (Dhanny Pratama)
Patih Gajah Mada adalah seorang yang terkenal dan disegani oleh masyarakat seluruh nusantara. Salah satu tokoh yang berasal dari kerajaan Majapahit di Jawa Timur hingga saat ini masih dikenang oleh masyarakat Indonesia. Namun sampai saat ini tidak diketahui makam Patih Gajah Mada yang sebenarnya. Pasalnya banyak daerah yang menyatakan Patih Gajah Mada ini dimakamkan di daerah-daerah yang dinyatakan tadi, dan salah satunya di kabupaten Lampung Utara (Liwa) dan di daerah kabupaten Dompu.
Situs makam Gajah Mada ini adalah peninggalan arkeologi dari masa klasik yang mengandung problema yang hingga saat ini belum dapat dipecahkan. Disebabkan makam Gajah Mada ini dianggap leluhur oleh masyarakat Daha sebagai ahli waris yang tidak dapat melihat secara langsung makam tersebut.
Makam Gajah Mada dibuat dengan teknik susunan batu berbentuk persegi, dinding makam sebagai batas antara kubur (tempat sakral) dengan bagian luar (profan). Makam Gajah Mada merupakan hasil budaya yang sifatnya universal dan berlangsung dari masa ke masa.
Terletak  pada 25 meter yang di sebelah kanan jalan terdapat jalan yang menghubungkan Dompu dengan pantai Lakey, terletak diantara semak-semak lebat sehingga tidak dapat melihat secara langsung dari jalan besar.
Ditemukannya makam Patih Gajah Mada di Desa Daha ini, masyarakat setempat menganggap bahwa mereka adalah keturunan dari Majapahit.
(Winda Ayu Larasati, dari berbagai sumber

No comments: