Dimana Tempat Berlangsungnya Armageddon?

perang akhir zaman Warhammer-Mark-Of-Chaos-628
Foto hanya ilustrasi

TERDAPAT banyak istilah tentang Armageddon, Rasulullah menyebutnya sebagai Al-Malhamah al-Kubra ‘peperangan besar yang tidak ada tandingannya’. Istilah yang lainnya seperti Hari Jabai di Palestina.
Istilah-istilah yang lainnya muncul berdasarkan nama tempatnya yaitu Samaria, Bukit al-Quds (Yerusalem), Tanah Isra dan Mikraj, AlJabal al-Majid (Majidu asy-Syam), Lembah Yosafat, Dan lembah penentuan.
Nama-nama tempat itu secara geografis adalah sama, yaitu dalam satu tempat/kawasan di Israel dan sekitarnya, meliputi juga Libanon bagian selatan yang berhadapan dengan kota Magiddo, bagian barat yordania, serta bagian selatan Suriah (dataran tinggi Golan).
Taurat pasal Yoel (3:9-14) menyebutkan, “Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa. Bersiaplah untuk peperangan, gerakkanlah para pahlawan; suruhlah semua prajurit tampil dan maju! Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpulah ke sana! Baiklah dan bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah yosafat sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. Ayunkanlah sabitmu, sebab sudah masuk tuaian ; marilah, liriklah, sebab sudah penuh tempat anggur ; tempat-tempat pemerasan kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka. Banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari tuhan di lembah penentuan!”
Tempat markas kaum muslimin saat itu berada di Ghuthah, dekat Damaskus. Abud Darda Meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kota tempat berkumpulnya kaum muslimin pada hari berkecamuknya perang yang sengit (al-Malhamah al-Kubro) ialah di Ghuthah, di kota Damsyiq, yang termasuk kota terbaik negeri Syam,” [yherdiansyah/islampos]
Sumber : Armageddon Peperangan Akhir Zaman, Menurut Al-qur’an, Hadist, Taurat, dan Injil/Ir. Wisnu Sasongko, M.T/Gema Insani Tahun 2004

No comments: