Mengenal Sultan Tippu Dari India

sultan tippu

Rumah lelang Bonhams berencana untuk menjual sejumlah senjata dan baju besi milik Sultan Tippu, raja terakhir dari Kesultanan Mysore, India, dalam sebuah lelang penjualan untuk beberapa karya seni Islam dan India.
Sultan Tippu dikenal sebagai harimau dari Mysore yang berkuasa di India dari tahun 1782 sampai kematiannya pada tahun 1799.
Sebagai seorang sultan Muslim, Sultan Tippu juga dikenal sebagai sosok yang sangat toleran terhadap rakyatnya yang sebagian besar memeluk agama Hindu. Bahkan beliau pernah mengizinkan Perancis untuk membangun sebuah gereja pertama di Mysore.
Membantu ayahnya Haidar Ali mengalahkan Inggris di Perang Mysore kedua dan di akhiri dengan Perjanjian Mangalore, Sultan Tippu terpaksa harus mundur dalam Perang Anglo-Mysore ketiga dan Perang Anglo-Mysore keempat dikarenakan aliansi kuat antara British East India Company, Nizam dari Hyderabad dan negeri kecil, Travancore.
Sultan Tippu meninggal dunia dalam usahanya melindungi ibukota Srirangapattana pada tanggal 4 Mei 1799 dari serangan sekutu. (Bbcarabic/Ram)

No comments: