Dugaan Lokasi Lubang Kuburan Anne Frank di Bergen-Belsen

70 tahun berlalu setelah Anne Frank dinyatakan tewas. Namun, jasad dan lubang dimana ia dikubur bersama ribuan korban NAZI lainnya, tak pernah ditemukan.
Dugaan Lokasi Lubang Kuburan Anne Frank di Bergen-BelsenSebuah kartu pos bersampul halaman buku harian Anne Frank ini dapat diperoleh di Anne Frank House. Gadis itu menulis di buku harian ketika bersembunyi di ruang rahasia rumahnya selama dua tahun. Pendudukan Jerman telah menjungkirbalikkan harapannya. (Hafidz Novalsyah/National Geographic Indonesia)
Sebuah lubang yang terletak di wilayah memorial kamp konsentrasi Bergen-Belsen, di barat laut Jerman, merupakan lokasi yang diduga menjadi tempat terkuburnya jasad Anne Frank, gadis Yahudi korban kekejaman NAZI yang dikenal dari buku catatan hariannya yang mendunia, 70 tahun silam.
Di lokasi yang sekarang hanya berupa ladang itulah, tempat jasad Anne Frank bersama 70.000 orang lain dikubur secara masal oleh para tentara NAZI sejak pembantaian Holocaust berlangsung, dari tahun 1941 hingga 1945. Salah satu yang juga dikubur disana adalah anggota organisasi pertahanan Dutch Resistance, Jan Verschure.
Paul, cucu dari Jan Verschure inilah yang memberikan peta yang menunjukkan lokasi lubang kuburan korban Holocaust tersebut. Diduga, besarnya lubang adalah 52x13 kaki.
Sayangnya, Jens-Christian Wagner, pemilik taman memorial itu, tidak diperbolehkan menggali lubang di lahan ladang tersebut terkait adanya larangan oleh komunitas Yahudi Lower Saxony.
(Difa Restiasari. Sumber: Mirror, History

No comments: