Gua Ini Diklaim Lokasi Pemuda Ashabul Kahfi Bersembunyi

Gua Ashabul Kahfi di Amman Yordania
Gua Ashabul Kahfi di Amman Yordania Gua di atas adalah lokasi yang diklaim sebagai gua Ashabul Kahfi yang berada di Abu Alanda, 8 km dari Amman, ibu kota Yordania. Gua ini ditemukan oleh arkeolog Yordania, Muhammmad Taisir Dhabiyyan, pada 1963. Di dalam gua ini terdapat inkripsi Yunani Kuno pahatan Kaum Tsamud, meski sudah memudar.  
Legenda gua ini berkaitan dengan kisah tujuh pemuda yang tertidur lelap selama 309 tahun (dalam hitungan hijriyah dan 300 tahun dalam hitungan masehi). Mereka melarikan diri dari kekejaran Raja Dikyanus demi mempertahankan akidah mereka. Ketujuh pemuda itu ialah, Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus, dan Thamlika, serta seekor anjing bernama Kithmir. Kisah mereka terdapat dalam surah al-Kahfi.
Versi lain menyebutkan, gua Ashabul Kahfi terletak di Ephesus, 73 km dari Izmir, berdekatan dengan desa Ayasuluk di lereng Gunung Yanardag, Turki. Ada pula pendapat mengatakan, lokasinya di Pegunungan Qasiyun, Kota Shalihiyah, Damaskus. Suriah.  

Redaktur : Nasih Nasrullah

No comments: