Mengenal Hunafa pada Masa Jahiliyah

padang pasir
APAKAH Anda pernah mengenal dengan kelompok orang yang satu ini? Jika belum, maka Anda perlu mencari tahu siapa mereka. Hunafa adalah kelompok orang pada zaman jahiliyah yang menolak perilaku dan peribadan jahiliyah. Ingin tahu seperti apa cerintanya? Ini dia cerita singkat tentang mereka.
Hunafa ialah orang-orang shaleh yang tidak mau mengikuti segala perilaku kotor dan tata cara peribadatan jahiliyah. Mengapa? Mereka menganggap perilaku yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah itu tidak masuk akal. Mereka berusaha untuk mencari kebenaran.
Mereka berkata, “kami tidak sependapat dengan cara-cara jahiliyah, menyembah dan memuja berhala. Berhala-berhala itu adalah buatannya sendiri. Jika pecah ditambal, jika patah disambung, lalu disembah lagi. Sungguh tidak masuk akal. Kami sangat perihatin akan kejadian-kejadian itu.”
Keprihatinannya membaut mereka pergi mengembara ke negara lain untuk mencari agama yang benar. Sebagian lagi tetap bertahan dan tidak ikut-ikutan dengan ajaran baru yang dapat menghilangkan kekalutan pikiran. []
Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

No comments: