Hakikat Ajaran Syiah End
Perkataan ulama Islam
mengenai Syiah, bagaimana pandangan mereka tentang kelompok Syiah Raafidhah.
1. ‘Alqamah bin Qais An-Nakha’i rahimahullah (Tokoh Tabi’in, w.62 H)
“عَنْ
عَلْقَمَةَ، قَالَ: ” لَقَدْ غَلَتْ هَذِهِ الشِّيعَةُ فِي عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ كَمَا غَلَتِ النَّصَارَى فِي عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ
Dari Alqamah, ia berkata, “Sungguh Syiah ini telah
berlebih-lebihan terhadap Aliradhiallahu ‘anhu sebagaimana berlebih-lebihannya Nashara
terhadap ‘Isa bin Maryam.” (Diriwayatkan Abdullah bin Ahmad bin Hanbal dalam
As-Sunnah no. 1115 dan Al-Harbiy dalam Ghariibul-Hadiits, 2:581, shahih).
2. Az-Zuhriy rahimahullah
عنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: ” مَا رَأَيْتُ قَوْمًا أَشْبَهَ
بِالنَّصَارَى مِنَ السَّبَائِيَّةِ “، قَالَ أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ: هُمُ
الرَّافِضَةُ
Dari Az-Zuhri, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat satu kaum
yang lebih menyerupai Nashara daripada kelompok Saba’iyyah.” Ahmad bin Yunus
berkata, “Mereka itu adalah Rafidhah (Syiah).” (Diriwayatkan oleh Al-Ajurri
dalam Asy-Syari’ah, 3:567 no.2083, shahih).
3. Imam Maalik bin Anas rahimahullah
أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ الْمَرُّوذِيُّ، قَالَ: سَأَلْتُ أَبَا
عَبْدِ اللَّهِ: عَنْ مَنْ يَشْتِمُ أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعَائِشَةَ؟ قَالَ:
مَا أُرَآهُ عَلَى الإِسْلامِ، قَالَ: وَسَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ:
قَالَ مَالِكٌ: الَّذِي يَشْتِمُ أَصْحَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لَيْسَ لَهُ سَهْمٌ، أَوْ قَالَ: نَصِيبٌ فِي الإِسْلامِ
Abu Bakr Al-Marwadzi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata,
Aku bertanya kepada Abu ‘Abdillah tentang orang yang mencaci-maki Abu Bakar,
Umar, dan Aaisyah? Maka ia menjawab, “Aku tidak berpendapat ia di atas agama
Islam.” Al-Marwadzi berkata, Dan aku juga mendengar Abu Abdillah berkata, Malik
(bin Anas) mengatakan, “Orang yang mencaci-maki para sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka ia tidak mempunyai bagian (dalam
Islam).” –atau ia berkata, “Bagian dalam Islam.” (Diriwayatkan oleh Al-Khallaal
dalam As-Sunnah no.783; shahih sampai Ahmad bin Hanbal).
4. Imam Syaafi’i rahimahullah
حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ: سَمِعْتُ الشَّافِعِيَّ، يَقُولُ:
لَمْ أَرَ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ الأَهْوَاءِ، أَشْهَدُ بِالزُّورِ مِنَ
الرَّافِضَةِ
Harmalah bin Yahya
mengabarkan kepadaku, ia berkata, “Aku mendengar Asy-Syaafi’i berkata, ‘Aku
tidak pernah melihat seorang pun dari pengikut hawa nafsu yang aku saksikan
kedustaannya daripada Raafidhah (Syiah)’.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Haatim
dalam Adab Asy-Syafi’i, Hal. 144, hasan)
عن البويطي يقول: سألت الشافعي: أصلي خلف الرافضي ؟ قال: لا تصل
خلف الرافضي، ولا القدري، ولا المرجئ….
Dari Al-Buwaithiy ia berkata, “Aku bertanya kepada Asy-Syafi’iy,
Apakah aku boleh shalat di belakang seorang Rafidhi (pengikut Syiah)?” Beliau
menjawab, “Janganlah engkau shalat di belakang seorang Raafidhi, Qadariy, dan
Murji’i.” (Siyaru A’lam An-Nubala’, 10:31).
5. Ahmad bin Hanbal rahimahullah
أَبَا عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: مَنْ شَتَمَ أَخَافُ عَلَيْهِ
الْكُفْرَ مِثْلَ الرَّوَافِضِ، ثُمَّ قَالَ: مَنْ شَتَمَ أَصْحَابَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا نَأْمَنُ أَنْ يَكُونَ قَدْ مَرَقَ عَنِ
الدِّينِ
Abu Abdillah (Imam Ahmad) berkata, “Barangsiapa yang
mencaci-maki (sahabatpen.),
aku khawatir ia akan tertimpa kekafiran seperti Rafidhah”. Kemudian ia
melanjutkan, “Barangsiapa yang mencaci-maki para sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka kami tidak percaya ia aman dari
bahaya kemurtadan.” (Diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam As-Sunnah no.784, shahih).
عَبْدِ الصَّمَدِ، قَالَ: سَأَلْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ، عَنْ
جَارٍ لَنَا رَافِضِيٍّ يُسَلِّمُ عَلَيَّ، أَرُدُّ عَلَيْهِ؟ قَالَ: لا
Abdusshamad mengatakan, “Aku pernah bertanya kepada Ahmad bin
Hanbal tentang tetanggaku Raafidli (seorang Syiah) yang mengucapkan salam
kepadaku, apakah perlu aku jawab?” Ia menjawab: “Tidak.” (Diriwayatkan oleh
Al-Khallaal dalam As-Sunnah no.787; hasan).
6. Imam Bukhari rahimahullah berkata,
مَا أُبَالِي صَلَّيْتُ خَلْفَ الْجَهْمِيِّ، وَالرَّافِضِيِّ أَمْ
صَلَّيْتُ خَلْفَ الْيَهُودِ، وَالنَّصَارَى، وَلا يُسَلَّمُ عَلَيْهِمْ، وَلا
يُعَادُونَ، وَلا يُنَاكَحُونَ، وَلا يَشْهَدُونَ، وَلا تُؤْكَلُ ذَبَائِحُهُمْ
“Sama saja bagiku shalat di belakang Jahmiy dan Raafidhi, atau
aku shalat di belakang Yahudi dan Nashrani. Jangan memberikan salam kepada
mereka, jangan dijenguk (apabila mereka sakit), jangan dinikahi, jangan
disaksikan (jenazah mereka), dan jangan dimakan sembelihan mereka.” (Khalqu
Af’alil-‘Ibad,
1:39-40).
7. Al-Qadhi ‘Iyadh rahimahullahu berkata,
وَكَذَلِك نقطع بتكفير غلاة الرافضة فِي قولهم إنّ الْأَئِمَّة
أفضل مِن الْأَنْبِيَاء
“Dan begitu pula kami memastikan kafirnya ghullat Rafidhah
(orang-orang Syiah yang sudah sangat fanatik dengan ajarannya pen.) tentang perkataan mereka bahwasannya
para imam lebih utama dari para Nabi.” (Asy-Syifa bi-Ahwalil-Mushthafa, 2:174).
8. Ibnu Hazm Al-Andalusi rahimahullah berkata,
وأما قولهم ( يعني النصارى ) في دعوى الروافض تبديل القرآن فإن
الروافض ليسوا من المسلمين ، إنما هي فرقة حدث أولها بعد موت رسول الله صلى الله
عليه وسلم بخمس وعشرين سنة .. وهي طائفة تجري مجرى اليهود والنصارى في الكذب
والكفر
“Adapun perkataan mereka (yaitu Nashara) atas klaim Raafidhah
tentang perubahan Alquran (maka ini tidak teranggap), karena Raafidhah bukan
termasuk kaum muslimin. Syiah adalah kelompok yang muncul pertama kali 25 tahun
setelah wafatnya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam….
Rafidhah adalah kelompok berjalan mengikuti jalan orang Yahudi dan Nashara
dalam dusta dan kekufuran.” (Al-Fishal fil-Milal wan-Nihal, 2:213).
Syiah Rafidhah sering menggunakan dalih mencintai ahlul bait untuk menutupi hakikat busuk akidah
mereka dan untuk menipu umat. Kecintaan mereka itu palsu. Kecintaan yang tidak
diridhai oleh ahlul
bait sendiri. Ahlul bait berlepas diri dari mereka, dan mereka
pun berlepas diri dari ahlul
bait.
عَنْ عَلِيَّ بْنَ حُسَيْنٍ، وَكَانَ أَفْضَلَ هَاشِمِيٍّ
أَدْرَكْتُهُ، يَقُولُ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَحِبُّونَا حُبَّ الإِسْلامِ،
فَمَا بَرِحَ بِنَا حُبُّكُمْ حَتَّى صَارَ عَلَيْنَا عَارًا
Dari Ali bin Al-Husain –dan ia adalah seutama-utama keturunan
Bani Hasyim yang aku (perawi) temui– berkata, “Wahai sekalian manusia (dalam
riwayat lain “wahai penduduk Irak” atau “Wahai penduduk Kufah”), cintailah kami
dengan kecintaan Islam. Kecintaan kalian kepada kami senantiasa ada hingga
kemudian malah menjadi aib bagi kami.” (Ath-Thabaqaat, 5:110, shahih[16]).
عَنْ فُضَيْل بْنُ مَرْزُوقٍ، قَالَ: سَمِعْتُ إِبْرَاهِيمَ بْنَ
الْحَسَنِ بْنِ الْحَسَنِ، أَخَا عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَسَنِ يَقُولُ: قَدْ
وَاللَّهِ مَرَقَتْ عَلَيْنَا الرَّافِضَةُ كَمَا مَرَقَتِ الْحَرُورِيَّةُ عَلَى
عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ
Dari Fudlail bin Marzuuq, ia berkata, “Aku mendengar Ibraahiim
bin Al-Hasan bin Al-Hasan, saudara ‘Abdullah bin Al-Hasan, berkata, ‘Sungguh,
demi Allah, Raafidhah (Syiah) telah keluar (tidak taat) terhadap kami (ahlul
bait) sebagaimana
Al-Haruriyyah telah keluar (tidak taat) terhadap Ali bin Abi Thalib.”
(Diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni dalam Fadlailush-Shahabah, no.36, hasan).
Ibraahiim bin Al-Hasan bin Al-Hasan adalah anggota ahlul bait dari jalur Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu. Ibnu Hibban berkata, “Ia termasuk di
antara pemimpin penduduk Madinah, dan ahlul
bait yang
mulia/agung.” (Masyahir ‘Ulama Al-Amshar, Hal.155 no. 995).
Ya, kecintaan Syiah terhadap ahlul
bait telah
menjadi aib bagi kemuliaan ahlul
bait. Mereka telah
melakukan banyak kedustaan atas nama ahlul
bait untuk
merusak akidah Islam dari dalam.
Wallaahul-musta’an.
Wallaahul-musta’an.
No comments:
Post a Comment