Kisah Serdadu VOC Asal Tanah Madura


Rijksmuseum Amsterdam/Atlas of Mutual Heritage Peta Kota Batavia yang diterbitkan oleh Homannischen Erben pada 1733 ini menampilkan Kota Batavia dengan tembok kota dan pertahanan bentengnya, juga ilustrasi tentang warganya."Opas", demikian tulis John Joseph Stockdale, "adalah serdadu asal Madura dan Sammanapp (Sumenep) yang selalu menanti para perwira Eropa, dan pada saat yang bersamaan juga menjadi pelayan. Orang-orang Hindia ini pada dasarnya adalah pemberani dan cerdas."

Stockdale (1770-1847) mengungkapkannya dalam Sketches, Civil and Military, of the Island of Java and Its Immediate Dependencies yang terbit pertama pada akhir 1811. Inilah buku berbahasa Inggris pertama yang berkisah tentang Jawa. Stockdale menyusun buku ini berdasarkan berita-berita tentang Jawa ketika Inggris tengah melakukan invasi ke pulau itu.

Beberapa bagian dari buku sohor itu mengisahkan peran orang-orang asal Madura dalam organisasi pengamanan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada paruh kedua abad ke-18. VOC, kongsi dagang Hindia Timur, merupakan perusahaan multinasional pertama di dunia yang mulai berdiri pada 1602, dan bangkrut pada 1799. Kongsi dagang ini istimewa lantaran mempunyai hak untuk bernegosiasi dengan negara mana pun dan merekrut serdadu. Pos-pos perdagangannya terbentang dari Tanjung Harapan hingga Jepang.

Sebuah garnisun yang menjaga tembok Kota Surabaya, ungkap Stockdale, dipimpin oleh seseorang berpangkat mayor yang sekaligus sebagai komandan semua serdadu Eropa dan Hindia. Sang mayor itu membawahi seratus serdadu Eropa, termasuk satu kompi resimen Württemberg yang merupakan tentara kontrakan asal Jerman. Selain itu, sang mayor juga membawahi enam kompi dari infantri asal Madura dan dua artileri asal Madura pula.

Ketika itu, pusat permukiman itu menjadi depo rekrutmen dengan para pangeran Madura dan Sumenep yang bekerja untuk kompeni. Tampaknya yang dimaksud Stockdale adalah Fort Belvidere, sebuah benteng kecil dengan lapangan arsenal di tepian Kalimas.

Sementara itu, Stockdale juga memberikan pemerian tentang sebuah benteng VOC di Cirebon, yang dipersenjatai dengan empat kanon yang buruk. Kendati garnisunnya dikomandoi oleh seorang sersan dan dua kopral Eropa, semua awaknya hanya terdiri dari 15 serdadu asal Madura. Itu pun dengan bedil yang seadanya.

Di Batavia, orang-orang Madura dan Sumenep berada dalam resimen di bawah komando para pengeran mereka. Garis pertahanan Kota Batavia terbentang dari muara Sungai Ancol sampai Sungai Angke. Di sebelah tembok kota terdapat beberapa bastion yang dikelilingi parit basah nan dalam dan lebar.

Di wilayah tersebut juga terdapat benteng batu dengan empat bastion, Kastel Batavia, yang terletak di muara Kalibesar. Pertahanan lain yang turut menjaga pusat kota dari barat ke timur adalah Fort Angke di tepian Kali Angke, Fort Vijhoek di tepian Kali Grogol, Fort Rijswijk di tepian Kali Krukut, dan Fort Noordwijk di tepian Ciliwung. Selanjutnya, ada Fort Jacatra, dan di ujung timur ada Fort Ancol.

"Serdadu Eropa dan Hindia dipercaya untuk menjaga Batavia dan pos terluarnya," ungkap Stockdale. Jumlah totalnya mencapai 4.540 orang. Sejumlah 3.300 orang atau lebih dari separuhnya adalah orang-orang asal Madura dan Sumenep.

Stockdale menulis perinciannya. Serdadu nasional dalam tiga batalion terdiri dari 2.400 orang. Namun, dari jumlah itu, 200 orang—termasuk perwira, bawahan, dan pelontar granat—merupakan orang-orang Eropa. Sementara itu, 2.200 sisanya adalah orang Madura dan Sumenep.

Dia melanjutkan pemeriannya. Sejumlah 400 orang dari Madura dan Sumenep juga berperan sebagai infantri pemburu dalam batalion ke-1. Sebanyak 600 orang lainnya juga berada dalam artileri berat, dan 100 orang bertugas dalam kompi ke-1 artileri ringan.

Sementara itu, jumlah total serdadu asal Eropa lainnya, yang bertugas dalam kesatuan kavaleri dan serdadu tambahan, hanya 1.040 orang.

Demikianlah takdir orang-orang Madura pada akhir abad ke-18. Seabad sebelumnya, mereka pernah terlibat dalam pemberontakan terhadap sebuah wangsa di Jawa Tengah bagian selatan, dan juga bertempur sengit dengan VOC.

Namun, selepas pemberontakan mereka yang gagal, VOC mulai terlibat dalam suksesi di Madura. Akhirnya, mereka menjadi garnisun sebuah kota dagang terbesar di Asia Tenggara, yang berkembang di bawah kongsi dagang asal Belanda itu. "Semua serdadu itu ditempatkan dalam keadaan lingkungan kota pesisir yang tidak sehat." (Mahandis Y Thamrin)

No comments: