Bermunculanlah Orang yang Mengaku sebagai Nabi

mirza_ghulam_ahmad
BANYAK orang yang mengaku sebagai nabi merupakan tanda kecil datangnya hari kiamat. Mereka muncul sebagai pendusta dan mengaku bahwa mereka utusan Allah setelah Nabi Muhammad SAW. Selain itu Rasulullah SAW sendiri telah memberitahu kita bahwa jumlah mereka kurang lebih ada 30 orang. Berikut sabda Rasulullah SAW,
“Hari Kiamat belum akan terjadi sampai para dajjal dan pembohong besar yang berjumlah kurang lebih tigapuluh orang muncul. Semuanya mengaku-aku sebagai utusan Allah,” (HR. Bukhari).
Sekarang ini tanda ini semakin jelas terlihat. Dari dulu hingga sekarang banyak orang yang mengaku dirinya sebagai nabi. Bisa saja berikut dan seterusnya dajjal-dajjal ini semakin banyak bermunculan sampai akhirnya dajjal yang bermata satu benar-benar keluar. Sebagaimana hadits Nabi,
“Demi Allah, sesungguhnya Hari Kiamat belum akan terjadi sampai tigapuluh orang pendusta muncul, dan yang terakhir muncul di antara mereka adalah pendusta terbesar yang bermata satu,” (HR. Ahmad dengan sanad sahih). Selain itu Nabi juga bersabda dalam haditsnya yang lain,
Dari Tsauban RA menuturkan, bahwa Nabi SAW bersabda, “Hari Kiamat belum akan terjadi sampai beberapa kabilah umatku bergabung dengan orang-orang musyrik, dan sampai mereka menyembah berhala. Kelak akan muncul di antara umatku tigapuluh orang pendusta. Semuanya mengaku sebagai Nabi. Akulah penutup para nabi dan tidak ada nabi lagi sepeninggalku,” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). Untuk menambah pengetahuan, berikut akan dipaparkan siapa saja orang yang telah mengaku sebagai nabi.
1. Al-Aswad al-‘Ansi telah memproklamirkan dirinya sebagai nabi di Yaman pada masa-masa akhir kehidupan Nabi SAW. Saat itu juga ia murtad dari agama Islam dan mengaku meraih nubuwwah (kenabian). Kemurtadannya adalah kemurtadan pertama kali yang terjadi dalam sejarah Islam pada zaman Rasulullah SAW. Dalam waktu tiga sampai empat bulan ia dapat menguasai hampir seluruh wilayah Yaman bersama dengan para pengikutnya. Nabi Muhammad SAW pun mengirim surat pada kaum Muslimin di Yaman berisi anjuran untuk perang melawan al-Aswad al-‘Ansi. Mendapat surat itu, kaum muslimin di Yaman menyambut ajaran Rasulullah dan langsung melaksanakannya. Akhirnya al-Aswad berhasil dibunuh dirumahnya sendiri, berkat bantuan wanita yang ia nikahi dengan paksa setelah membunuh suaminya. Wanita ini adalah seorang mukminah yang beriman pada Allah dan Rasul-Nya. Setelah al-Aswad terbunuh, Islam di Yaman semakin kuat. Lalu kaum muslimin Yaman menulis surat pada Rasulullah SAW untuk memberitahu kabar gembira terbunuhnya al-Aswad. Namun, pada malam yang sama, Rasulullah SAW telah menerima kabar dari langit mengenai hal itu. Beliau pun menyampaikannya pada para sahabat. Al-Aswad berkuasa di Yaman kurang lebih selama tiga sampai empat bulan dan sampai akhirnya ia tewas terbunuh.
2. Thulaihah ibn Khuwailid al-Asadi. Kaum muslimin telah berkali-kali menggelar operasi militer untuk dapat menumpasnya. Namun akhirnya, Thulaihah kembali memeluk agama Islam. Ia bergabung pada angkatan bersenjata Kaum Muslimin, dan berjuang di jalan Allah. Ia meninggal sebagai seorang syahid karena gugur dalam Perang Nihawand.
3. Musailamah al-Kadzdzab. Ia mengaku telah menerima wahyu dalam kegelapan. Abu Bakar ash-Shiddiq menggelar operasi militer untuk dapat menumpasnya. Operasi ini dibawah komando Khalid ibn al-Walid, Ikrimah ibn Abi Jahal, dan Syarahbil ibn Hasanah. Tanpa disangka, ternyata Musailamah membawa pasukan bala tentaranya sebanyak 40 ribu serdadu yang menghadang pasukan Muslimin. Namun tanpa rasa takut Pasukan Muslimin tetap melawannya. Akhirnya pertempuran pun pecah dengan dahsyat. Kaum Muslimin menang dengan membawa kemenangan total legiun. Musailamah sendiri terbunuh di tangan Wahsyi ibn Harb RA. Kebenaran menang dan panji tauhid pun semakin menjulang.



4. Sajah binti al-Harits at-Taghlabiyyah. Ia adalah seorang Arab-Kristen yang mengaku sebagai nabi setelah Rasulullah SAW wafat. Ia mempunyai banyak pengikut yang berasal dari sukunya sendiri maupun dari kabilah-kabilah sekelilingnya. Sajah melakukan banyak agresi militer ke wilayah suku tetangga. Ia bersama pasukannya terus bergerak hingga sampai di al-Yamamah. Disana, ia bertemu dengan Musailamah al-Kadzdab. Ia lalu mengakui klaim kenabian Musailamah dan menikah dengannya. Setelah Musailamah terbunuh, kemudian Sajah kembali ke negerinya. Ia tinggal kembali bersama sukunya, Bani Taghlab. Selanjutnya, ia masuk Islam dan menjadi muslim yang taat pada Allah SWT. Setelah itu, ia pindah ke Bashrah dan meninggal disana.

5. Al-Mukhtar ibn Abi Ubaid ats-Tsaqafi. Ia muncul pada masa tabi’in. Awalnya, ia berpura-pura sebagai seorang Syi’ah. Sehingga banyak orang Syi’ah yang menjadi pengikutnya. Setelah itu, ia mengaku bahwa Jibril turun padanya dan menyampaikan wahyu padanya. Akhirnya terjadilah sejumlah pertempuran dan peperangan antara pasukannya melawan pasukan muslimin dibawah komando Mush’ab ibn Zubair. Al-Mukhtar pun terbunuh dalam peperangan ini.

6. Al-Harits ibn Sa’id al-Khadzdzab. Semula ia menampilkan dirinya sebagai orang yang taat agama, ahli ibadah di Damaskus. Setelah itu, ia mengaku dirinya sebagai nabi. Ketika mengetahui Khalifah Abdul Malik ibn Marwan sudah mendengar tentangnya, al-Harits pun bersembunyi. Akan tetapi, ada seorang pria Bashrah yang mengetahui keberadaannya. Pria ini lantas berpura-pura beriman kepadanya. Hingga akhirnya, al-Harits selalu mengizinkannya bertemu kapan saja ia mau.

Setelah berhasil meraih kepercayaan al-Harits, pria ini lalu menghubungi Khalifah Abdul Malik. Khalifah pun mengirim pasukan untuk menangkap al-Harits. Khalifah Abdul Malik kemudian memanggil sejumlah ulama dan ahli agama untuk menasihati dan mengajari al-Harits, bahwa pengakuannya sebagai nabi adalah bisikan dari setan. Namun, al-Harits tak mau menerima nasihat mereka dan tak mau bertobat. Akhirnya, Khalifah menjatuhkan hukuman mati padanya.
Laporkan iklan?

7. Mirza Ghulam Ahmad al-Qadiyani yang muncul di India sekitar satu abad yang lalu. Ia mengaku sebagai nabi dan mengaku menerima wahyu dari langit. Ia juga menyatakan, Allah SWT sudah memberinya kabar gembira bahwa ia akan hidup selamanya selama delapan puluh tahun. Ia juga memiliki pengikut. Para ulama yang melihatnya tidak hanya tinggal diam. Mereka menentangnya dan memberikan penjelasan pada masyarakat bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah seorang pendusta besar. Ulama yang begitu gigih melawan Mirza Ghulam Ahmad adalah Syaikh Tsana ullah al-

Amir Tasri. Pada tahun 1326 H/1908 M, Mirza Ghulam Ahmad menantang Syaikh Tsana ullah, melakukan sumpah bahwa pihak yang berdusta di antara mereka berdua akan mati. Mirza Ghulam Ahmad berdoa kepada Allah agar pihak yang sesat binasa dan terserang penyakit lepra yang menyebabkan kematian. Satu tahun berlalu, Mirza Ghulam Ahmad tertimpa doanya sendiri. Ayah mertuanya menuturkan akhir hayat sang menantu dengan berkata, “Ketika penyakitnya semakin parah, Mirza Ghulam membangunkanku. Aku menemuinya dan memeriksa rasa sakit yang dikeluhkannya. Lalu ia berkata kepadaku, ‘Aku terpapar kolera.’ Setelah itu, ia tak pernah bisa berkata-kata dengan jelas lagi sampai ia meninggal.”

Begitulah, para pendusta besar yang mengaku dirinya sebagai nabi bermunculan satu demi satu, sampai yang terakhir muncul adalah al-Masih ad-Dajjal pada akhir zaman. Hendaklah kita memohon perlindungan dari Allah SWT untuk dihindarkan dari fitnah dajjal. Lalu nabi Isa ibn Maryam akan turun dari langit untuk membunuh Dajjal dan memadamkan api fitnahnya.

Tigapuluh orang yang dimaksudkan dari hadits nabi yaitu mereka yang memiliki dan membawa pengaruh, kekuasaan, dan pengikut. Namun mereka yang mengaku sebagai nabi akan tetapi tidak punya pengaruh, kekuasaan, maupun pengikut tidak masuk dalam hitungan. Semoga kita semua jangan sampai merasakan datangnya hari kiamat. Dan semoga tidak ada lagi orang-orang yang mengaku dirinya sebagai nabi, karena nabi terakhir yang diutus oleh Allah hanyalah Nabi Muhammad SAW.

Sumber : Kiamat Sudah Dekat?/Dr. Muhammad al-‘Areifi/Qisthi Press/Jakarta/Maret 2011.

No comments: