Film Abad Kejayaan (Muhteşem Yüzyıl), Konflik Keluarga “Suleiman the Magnificent” yang dipaksakan?

Di dalam alur cerita, Film Abad Kejayaan, kita dipertontonkan perseteruan yang penuh intrik, antara Şah Sultan (adik Suleiman the Magnificent), dengan iparnya Hürrem Sultan, yang merupakan istri daripada King Suleiman.
Persaingan kedua wanita ini, digambarkan penuh muslihat serta menghalalkan segala cara, demi memperoleh kemenangan.
Kenyataannya permusuhan ini hanyalah skenario film belaka. Fakta sejarah justru mencatat puteri Şah Sultan yang bernama Esmehan Baharnaz Sultan, justru merupakan istri dari Şehzade Mehmed, yang merupakan putera Hürrem Sultan
kejayaan1
Kisah Fiksi dalam Muhteşem Yüzyıl
Muhteşem Yüzyıl (Abad Kejayaan) merupakan film serial televisi asal Turki, yang mulai diliris pada tahun 2011 (sumber : Muhteşem Yüzyıl).
Serial Televisi ini lebih tepat disebut cerita Fiksi ketimbang kisah Sejarah. Salah satu dongeng yang disajikan oleh serial ini adalah kisah asmara Puteri Mihrima dan Bali Bey.
Kisah percintaan ini, sama sekali tidak ada, dan Bali Bey sesungguhnya masih terhitung paman dari Puteri Mihrima.
Bali Bey merupakan sepupu dari Sultan Sulaiman (ayah puteri Mihrima), mereka berdua adalah cucu dari Sultan Bayezid II (Sumber : Solopos).
kejayaan2
Cerita tentang keterlibatan Hürrem Sultan dalam intrik politik Kesultanan Turki, ternyata bukan bersumber dari penulis sejarah.
Kisah Hürrem Sultan yang kejam, berkemungkinan ter-inspirasi dari buku La Soltane, yang dikarang oleh penulis Prancis.
Di dalam buku ini, diceritakan tentang keterlibatan Hürrem Sultan dalam konspirasi menyingkirkan Pangeran Mustafa (Sumber : Warisan Hurrem).
Sejarah mencatat selama hidupnya Puteri Hürrem Sultan, banyak terlibat dalam kegiatan di bidang sosial. Hurrem membangun kompleks masjid di Istanbul, rumah penampungan, sekolah, serta rumah sakit.

WaLlahu a’lamu bishshawab

No comments: