Macam-macam Azab di Neraka Jahannam

bayangan neraka jahanam
SUDAH tahukah Anda semua akan azab apa saja yang ada di neraka jahannam? Dan azab ini akan diterima oleh golongan manusia yang bagaimana saja? Berikut ini akan dijelaskan sebab dan azab yang akan diperoleh oleh orang-orang yang melanggar semua larangan Allah SWT sesuai dengan hadits dan tercantum di dalam Al Quran. Semoga kita semua tidak termasuk ke dalam golongannya. Berikut ini macam-macam siksa neraka Jahannam:
1. Azab bagi orang kafir
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, tebal kulit seorang kafir (di neraka) adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang besar. Giginya sebesar gunung Uhud, dan sungguh tempat duduknya dia di Jahannam seluas Makkah dan Madinah,” (HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim).
Karena dahsyat dan panasnya neraka, kulit tersebut akan matang ketika tubuhnya dibakar. Firman Allah SWT dalam QS. An-Nisa: 56,
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
2. Orang yang paling mengerikan siksanya
Dari Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling mengerikan siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar (makhluk bernyawa),” (HR. Ahmad).
Dari Ibnu Mas’ud RA juga, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling mengerikan siksanya pada hari kiamat adalah seseorang yang membunuh nabi atau dibunuh oleh Nabi, dan seseorang yang membuat berhala,” (HR. Ahmad).
Khalid bin Walid RA meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling mengerikan siksanya adalah orang yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia,” (HR. Ahmad).
3. Azab bagi orang yang berbuka di bulan Ramadhan sebelum tiba waktunya berbuka
Dari Abu Umamah Al-Bahili RA, Rasulullah SAW berkata, “… Kemudian keduanya membawaku, ternyata ada satu kaum yang digantung dalam keadaan kaki di atas dan mulut mereka robek-robek. Darah mengalir dari mulut mereka. Aku berkata, ‘Mereka adalah orang yang berbuka di bulan puasa sebelum dihalalkan berbuka’,” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).
4. Azab bagi pezina
Dari Abu Umamah Al-Bahili RA, Rasulullah SAW berkata, “… Kemudian keduanya membawaku, ternyata ada satu kaum yang tubuh mereka sangat besar, bau tubuhnya sangat busuk, paling buruk dipandang, dan bau mereka seperti bau tempat pembuangan kotoran. Aku tanyakan, ‘Siapakah mereka?’ Keduanya menjawab, ‘Mereka adalah pezina laki-laki dan perempuan’,” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).
5. Azab bagi wanita yang enggan menyusui anaknya
Dari lanjutan hadits Abu Umamah Al-Bahili RA tersebut, Rasulullah SAW berkata, “…’Kemudian keduanya berangkat membawa, ternyata ada wanita-wanita yang puting susu mereka digigit ular. Aku bertanya, ‘Siapa mereka?’ Keduanya menjawab, ‘Mereka adalah wanita yang tidak ingin memberikan air susu mereka kepada anak-anak mereka’,” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).
“Rasulullah SAW mengabarkan bahwa jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kalajengking di neraka, ketika menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim,” (HR. Al-Baihaqi).

Sumber: 1001 Siksa Alam Kubur/Ust. Asan Sani ar Rafif/ Kunci Iman/Jakarta/ 2014.

No comments: