Satu Ramadhan In History

ilustrasi penaklukan andalusia
Bulan suci Ramadhan menjadi saksi bagi banyak peristiwa yang dialami umat Muslim baik di zaman Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassallam hidup, maupun setelah Nabi terakhir tutup usia di kota Madinah Al Munawwarah pada tahun 10 Hijriyah.
Tapi tahukah umat Islam saat ini peristiwa penting apa saja yang terjadi pada tanggal 1 Ramadhan selepas peninggalan Nabi Muhammad wafat? Berikut beberapa peritiwa tersebut
Fatah al-Andalus
1 Ramadhan tahun 91 Hijriyah menjadi tahun bersejarah bagi umat Islam, setelah gubernur Maroko, Musa Bin Naseer, dan kemudian Tariq bin Ziyad menaklukan Andalus atau yang dikenal dengan nama Spanyol saat ini, dibawah masa pemerintahan Khalifah Bani Umayyah Walid bin Abdul Malik.
Setelah Tariq bin Ziyad menjadi gubernur kota Tangier dan membuka jalan bagi umat Islam melalui Selat Gibraltar, Musa Bin Naseer yang sebelumnya melihat Islam dapat berkembang di Spanyol meminta izin kepada Khalifah al-Walid bin Abdul Malik untuk mengadakan penaklukan Spanyol secara keseluruhan.
Setelah mendapat izin dari khalifah, sebanyak 500 pasukan khusus bani Umayyah yang terdiri dari 100 penunggang kuda yang dipimpin oleh Tarif bin Malik, dikirim menuju Spanyol melewati Selat Gibraltar dan kemudian mendarat di Pulau Paloma, atau yang dikenal saat ini dengan nama Pulau Tarif.
Tarif bin Malik yang saat itu ditugaskan untuk menyelidiki keadaan Spanyol mendarat di kota Sebta pada 1 Ramadhan 91 H, dan segera mengelilingi wilayah tersebut untuk menghimpun informasi penting yang nantinya akan digunakan oleh Tariq bin Ziyad dan pasukannya untuk mendarat di Selat Gibraltar.
Tarif beserta pasukannya adalah kontingen pertama umat Muslim yang membuka jalan generasi setelahnya untuk menaklukan Andalus pada 1300 tahun lalu, yang kemudian disusul oleh Musa Bin Naseer dan diakhiri Tariq bin Ziyad yang mengenalkan Islam di Spanyol selama 18 abad, dan berakhir pada akhir abad ke 19 lalu. (Almasryalyoum/Ram)

No comments: