Tanda Semakin Dekatnya Ajal Menjemput

orang mati
SETIAP makhluk yang hidup di muka bumi ini pasti semuanya akan mengalami yang namanya kematian. Kematian ini tidak akan dapat dihindari jika sudah tiba saatnya. Karena waktu itu sudah menjadi kesepakatan kita dengan Allah SWT saat sebelum kita dilahirkan. Ketahuilah saudara, sesuatu yang sangat dekat dengan kita dimana saja dan kapan saja adalah kematian, dan yang sangat jauh dengan kita adalah masa lalu.
Jika ajal itu sudah menjemput, tergantung pada diri kita masing-masing apakah kita sudah siap dengan segalanya, atau malah belum mempersiapkannya sama sekali. Hendaklah kita mempersiapkannya dari sekarang, agar jika telah tiba waktunya, kita dapat meninggalkan dunia ini dengan tenang dan membawa banyak amal kebaikan. Untuk lebih memantapkan persiapan itu, tidak ada salahnya jika kita mengetahui tanda-tanda semakin dekatnya malaikat maut akan mencabut nyawa kita. Berikut ini akan dipaparkan tanda-tanda tersebut, diantaranya:
1. Tanda 100 hari sebelum kematian
Tanda ini merupakan tanda pertama dari Allah SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendaki-Nya. Walau bagaimanapun semua orang Islam akan mendapat tanda ini tergantung pada kesadaran mereka masing-masing.
Biasanya tanda ini akan muncul sesudah waktu Ashar. Seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil. Bagi mereka yang sadar mungkin akan mengetahui tanda kematian ini, setelah sadar, getaran ini akan berhenti dan hilang. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka terlalu terlena dengan kenikmatan dunia dan melupakan kematian, maka tanda ini akan hilang begitu saja tanpa menjadi peringatan.
Bagi yang menyadarinya, maka inilah kesempatan yang terbaik untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan ditinggalkan nanti setelah meninggal.
2. Tanda 40 hari sebelum kematian
Tanda ini juga berlangsung setelah waktu Ashar. Bagian pusat tubuh kita akan berdenyut-denyut. Pada saat ini, daun yang bertuliskan nama kita akan gugur dari pohon yang letaknya di atas Arsy Allah SWT. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai mempersiapkan segala sesuatunya atas kita, di antaranya ia akan mulai mengikuti kita kemanapun sepanjang hari.
Akan tiba saatnya malaikat maut ini akan memperlihatkan wajahnya sekilas. Jika ini sudah terjadi, mereka yang terpilih akan merasakan seakan-akan bingung seketika. Adapun malaikat maut ini wujudnya hanya seseorang tapi kemampuannya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabut.
3. Tanda 7 hari sebelum kematian
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan penyakit/sakit, di mana orang sakit yang jarang mau makan tiba-tiba saja berselera untuk makan.

4. Tanda 3 hari sebelum kematian
PADA waktu ini akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita. Jika tanda ini bisa dirasakan, maka berpuasalah kita supaya perut kita tidak mengandung banyak najis dan ini akan memudahkan orang yang akan memandikan dan membersihkan kita nanti.
Saat ini, bola mata kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit, bagian hidungnya akan perlahan-lahan jatuh, ini dapat dilihat jika kita melihatnya dari samping. Telinganya akan terlihat layu, di bagian ujung-ujungnya akan berangsur-angsur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terjulur akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.
5. Tanda 1 hari sebelum kematian
Akan datang setelah waktu Ashar. Kita akan merasakan satu denyutan di bagian belakang, yaitu di bagian ubun-ubun, yang menandakan kita tidak akan sempat menemui waktu Ashar di hari berikutnya.
6. Tanda akhir datangnya kematian
Kita akan merasakan suatu keadaan sejuk di bagian pusat dan hanya akan turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bagian tenggorokan.
Pada waktu ini hendaklah kita terus mengucap kalimat Syahadat dan berdiam diri menantikan kedatangan malaikat maut. Sebaiknya bila sudah merasa tanda yang akhir sekali ini, mengucap dalam diam dan jangan lagi bercakap-cakap.
Itulah tanda-tanda dimana maut akan segera menjemput kita. Wallaahu’alam, kita semua tidak akan ada yang mengetahui secara pasti kapan ajal menjemput kita, namun setidaknya ada sedikit gambaran bagi kita untuk mengetahui waktunya kematian itu. []
Sumber: Misteri Malam Pertama di Alam Kubur/Jubair Tablig Syahid/Cable Book/Juni 2012.

No comments: