[Makna Logis] Nabi Adam diciptakan ALLAH, seperti bentuk-nya?

Banyak yang keliru, dalam menafsirkan hadis berkenaan dengan penciptaan Adam. Hadits tersebut berbunyi :
“Sesungguhnya ALLAH menciptakan Adam seperti bentuk-nya”
Mereka beranggapan bahwa maksud dari hadits ini, bentuk dari Adam (manusia) merupakan replika dari bentuk yang menciptakannya.
Tentu pemikiran ini sangat ganjil, karena makhluk tidak mungkin serupa dengan Pencipta-nya, sebagaimana firman ALLAH : “…Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Maha Melihat” (Qs. asy-Syura (42) ayat 11).
sci4
Makna Logis dari Hadits

Di kalangan ahli kalam berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kata ganti (nya), dalam hadits diatas, tidak ditujukan kepada ALLAH, melainkan kepada Adam itu sendiri (Sumber : Rasionalitas Nabi, karangan Ibnu Qutaibah).
Setiap makhluk memiliki ketetapannya masing-masing. Seorang manusia pada umumnya memiliki dua tangan, dua kaki, dua mata, dua telinga, serta tubuh yang berdiri tegak, sementara makhluk lainnya juga memiliki ketetapan dalam bentuk yang berbeda.
manusia1b
Tafsiran lain dari hadis tersebut adalah makna bentuk disini dalam artian sifat. Manusia bisa mendengar, melihat dan berpengetahuan sebagaimana Sang Pencipta.
Akan tetapi, sifat mendengar, melihat dan berpengetahuan yang dimiliki ALLAH, tentu tidak sama dengan sifat yang ada pada semua makhlukNya.
WaLlahu a’lamu bishshawab

No comments: