Para Syuhada, Kelebihannya di Alam Barzah

bunga padang matahari
DI dunia ini terdiri dari dua macam manusia, yakni manusia baik dan tidak baik. Namun, pada dasarnya mereka itu baik, hanya lingkunganlah yang membuatnya menjadi tidak baik. Salah satu manusia yang tergolong ke dalam orang yang baik ialah para syuhada. Ya, jasa mereka begitu besar, terutama bagi umat muslim. Tahukah Anda, bahwa ternyata kebaikan mereka itu memberi keberkahan. Para syuhada mendapatkan kelebihan di alam Barzah.
Kelebihan hidup di alam kubur (Barzah) bagi para nabi akan mudah difahami jika kita merenung tentang kelebihan mereka yang mati syahid. Sudah jelas dalam berbagai nas yang telah diterima dan berbagai kelebihan di alam tersebut dan bukan hanya sekedar ruh yang tidak binasa.
Setidaknya ‘ hidup di alam kubur’ yang dimaksud ruh sangatlah kekal adanya, tidak fana dan tidak binasa, maka tidak sembarang keistimewaan bagi para syuhada untuk layak disebut dengan kemuliaan tersebut, karena ruh semua anak Adam juga adalah baqa’ (kekal) yaitu tidak fana dan tidak binasa.
Inilah yang sebenarnya diakui oleh para pentahqiq seperti yang ditegaskan oleh Sheikh Ibnu Qayyim dalam kitabnya Al-Ruh.
Maka semestinya, para syuhada tersebut memiliki keistimewaan yang melebihi keistimewaan yang melebihi manusia biasa. Sekiranya tidak ada keistimewaan tersebut, maka sia-sialah kehidupan mereka.
Terlebih lagi, Allah SWT melarang kita mengatakan mereka itu ‘orang mati’. Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah (bahwa mereka itu) mati, bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya,” (QS. Al-Baqarah: 154).
Bahkan, apa yang ingin diperkatakan, semestinya kehidupan mereka itu lebih sempurna dan mulia daripada kehidupan manusia biasa.
Inilah yang ditegaskan oleh nas-nas di atas. Hakikatnya, roh-roh golongan itu dikaruniakan rezeki. Mereka mendatangi sungai-sungai di dalam surga dan menikmati buah-buahan yang terdapat di dalamnya.
Seperti firman Allah SWT, “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya denga mendapat rezeki,” (QS. Ali Imran: 169).
Segala yang mereka rasakan seperti makanan, minuman dan segala bentuk nikmat dapat dirasakan dengan rasa yang amat sempurna.
Ada pasangan yang amat puas, kelezatan yang begitu menggiurkan dan menyenangkan yang hakiki. Bahkan, roh para syuhada itu memiliki keistimewaan tasarruf (pengurusan dan pentadbiran) yang lebih besar dan luas daripada manusia lain. []
Sumber: 1001 Siksa Alam Kubur/Karya: Ust. Asan Sani ar Rafif/Penerbit: Kunci Iman

No comments: