Sejarah Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan ini ternyata cikal bakal berdirinya Ibu Kota Jakarta
Sejarah Pelabuhan Sunda Kelapa
Di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. kapal-kapal kayu masih digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang ke luar Jakarta. (Muhammad Safei/Fotokita.net)
Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tertua yang ada di Indonesia dan merupakan cikal bakal terbentuknya kota Jakarta Jakarta.Pelabuhan ini sempat berganti nama beberapa kali namun berdasar SK Gubernur DKI Jakarta tanggal 6 Maret 1974 nama Sunda Kelapa ditetapkan sebagai nama resmi pelabuhan ini.
Pelabuhan Sunda Kelapa sejatinya sudah ada sejak abad ke-5 dan merupakan pelabuhan yang berada dibawah kepemilikan Kerajaan Tarumanegara.Namun pada abad ke-12 berpindah tangan menjadi milik Kerajaan Sunda.
Sejak Kerajaan Sunda berhasil menguasai pelabuhan ini,Pelabuhan Sunda Kelapa berhasil berkembang menjadi salah satu pelabuhan penting yang ada di pulau Jawa,mengingat lokasinya yang cukup strategis.
Selain pedagang-pedagang dari berbagai daerah di Nusantara yang melakukan kegiatan perdagangan di pelabuhan ini,tak jarang pedagang – pedagang asing dari negeri luar seperti Tiongkok,Arab,India,Inggris dan Portugis.Bangsa Portugis bahkan membangun relasi dengan Kerajaan Sunda hingga diizinkan membuat kantor dagang di sekitar pelabuhan.
Kesultanan Demak yang melihat hubungan Portugis dengan Kerajaan Sunda sebagai sebuah ancaman,kemudian merencanakan penyerangan atas Sunda Kelapa.Pada 22 Juni 1527,pasukan gabungan Kesultanan Demak-Cirebon dibawah pimpinan Fatahillah menyerang dan berhasil menguasai Sunda Kelapa dan merubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.Peristiwa ini kemudian diingat sebagai ulang tahun Kota Jakarta.
Setelah Demak berkuasa, Belanda dibawah pimpinan Cornelis de Houtman tiba pertama kali di Pelabuhan Sunda Kelapa pada tahun 1596 dengan tujuan utama mencari rempah-rempah,mengingat pada saat itu rempah – rempah merupakan komoditas utama di Belanda karena berbagai khasiatnya seperti obat, penghangat badan, dan bahan wangi-wangian.
Pada tahun 1610 Belanda membuat perjanjian dengan Pangeran Jayawikarta atau Wijayakarta penguasa Jayakarta dan membuat suatu perjanjian.Dalam perjanjian tersebut,disebutkan bahwa Belanda diijinkan membuat gudang dan pos dagang di timur muara sungai Ciliwung.
Setelah perjanjian disetujui Belanda pun mendapat keuntungan yang besar akibat perdagangan rempah-rempah yang mereka lakukan di negeri asal mereka.Melihat keuntungan yang pesat,Belanda akhirnya memutuskan untuk melakukan ekspansi di Jayakarta dan kemudian menggant nama Jayakarta menjadi Batavia.
Di bawah kekuasaan Belanda, pelabuhan Sunda Kelapa kemudian direnovasi.Semula pelabuhan Sunda Kelapa yang tadinya hanya memiliki kanaal sepanjang 810 m,diperbesar hingga menjadi 1,825 m.
Mulai masuk abad ke-19,pelabuhan Sunda Kelapa mulai sepi akibat terjadinya pendangkalan air di daerah sekitar pelabuhan sehingga menyulitkan kapal dari tengah laut yang hendak berlabuh,padahal pada saat itu Terusan Suez baru saja dibuka dan seharusnya bisa menjadi peluang besar bagi pelabuhan Sunda Kelapa untuk dapat berkembang lebih pesat lagi.
Melihat pelabuhan ini menyia-nyiakan potensi yang diberikan oleh Terusan Suez,Belanda kemudian mencari tempat baru untuk mengembangkan pelabuhan baru.
Perhatian Belanda untuk mengembangkan pelabuhan pun jatuh kepada kawasan Tanjung Priok.
Tanjung Priok kemudian berhasil berkembang menjadi pelabuhan terbesar se-Indonesia,peran Pelabuhan Sunda Kelapa pun tergantikan dengan keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok ini.
Kini, pelabuhan Sunda Kelapa tidak terlihat sesibuk saat masa jaya nya.Pelabuhan ini sekarang hanya melayani jasa untuk kapal antar pulau di Indonesia.Namun mengingat memiliki nilai sejarah yang tinggi,kini pelabuhan ini dialihfungsikan menjadi situs sejarah.Bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang ada di sekitar wilayah pelabuhan kini dijadikan Museum.Ada beberapa museum di sekitar pelabuhan,seperti Museum Bahari, Museum Fatahillah, Museum Wayang dan lain sebagainya.
(Haydr Suhardy

No comments: