Hoax Dari Natgeo Indonesia, Memberitakan Bahwa Titanic Kemungkinan Ditenggelamkan Oleh Alien Dengan Sinar Laser

Mengejutkan! nationalgeographic.co.id melaporkan penemuan terbaru bahwa kapal raksasa Titanic ternyata ditenggelamkan oleh alien dengan menggunakan sinar laser!
Titanic sudah tenggelam. Dan sekarang menyusul mengikutinya National Geographic Indonesia. 
Saya masih ingat saat-saat indah ketika membaca berita-berita pengetahuan dari situs national geographic. Foto-foto yang indah, penemuan-penemuan yang membuka mata dan rasanya masih belum lama ketika memposting sebuah topik dengan sumber situs National Geographic merupakan tanda sebuah kredibilitas.
Era tersebut mungkin sudah berakhir. Paling tidak untuk situs NatGeo Indonesia ketika mereka menurunkan berita ini:
Sebagian kutipan dari artikel diatas adalah sebagai berikut:
"Tim eksplorasi Samudra Atlantik berhasil menemukan bangkai Kapal Titanic pada tahun 1985. Bangkai itu terletak di dalam laut selama 73 tahun. Saat para peneliti menjelajahi bangkai kapal, mereka menemukan lubang bulat besar berdiameter 90c, pada dinding lambung di sisi kanan depan. Para penjelajah merasa bingung karena lubang ibu berbentuk bulat sempurna. Tepiannya rapi dan licin seperti dipotong oleh mesin pemotong baja. Setelah diselidiki oleh para ahli kapal perang angkatan laut dan kelompok ahli internasional, mereka menemukan fakta mengejutkan; lambung Kapal Titanic ternyata diterjang sinar laser sehingga kapal akhirnya kemasukan air dan tenggelam."
Saya membuka mata lebar-lebar, memperhatikan dengan seksama tanggal berita dan berharap menemukan 1 April. Namun tidak saya temukan. Saya melihat tanggal 3 Juni. Jadi ini pasti bukan April Mop.
Lalu dengan sikap pantang menyerah yang bisa membuat Raja Leonidas dari Sparta tertunduk malu, saya menelusuri url berita dan berharap menemukan bahwa situs tersebut memiliki blog semacam kompasiana yang bisa ditulis oleh siapapun yang memiliki modem dan laptop. 

Tidak. Saya juga tidak menemukannya.
Di atas judul yang menakutkan tersebut, hanya tertulis: Beranda > Berita > Sejarah.
Yes, I am not dreaming. National Geographic Indonesia is sinking.
Flashback, 23 tahun yang lampau, Weekly World News, majalah yang berspesialisasi di topik olok-olok telah memuat berita tersebut, Titanic ditenggelamkan oleh Alien dengan menggunakan sinar Laser


Ketika Weekly World News memasuki era digital, selera humor mereka tidak ikut berubah.


Contohnya adalah artikel yang ditulis oleh Erik Van Datiken di atas... sekali lagi, Erik Van Datiken, bukan Erich Von Daniken, penulis buku "Chariots of the Gods".
Kisah ini melompat keluar dari dalam lembaran sebuah majalah olok-olok, melompat masuk ke dalam sebuah situs UFO yang kemudian menemukan tempat abadinya di situs berita Indonesia yang hidup dari reporter yang hanya mengutip sana-sini tanpa berusaha menilai kredibilitas berita. 

NatGeo Indonesia dalam ketidakpeduliannya segera mengambil kisah ini dan membawanya lari.
Mungkin terinspirasi oleh Weekly World News, Situs Ufosee.com memposting berita dengan judul yang sama dengan weekly World News dan isi tulisan yang sama persis dengan yang dimuat oleh NatGeo Indonesia. Situs ini adalah satu-satunya situs asing yang memuat kisah dengan kalimat yang sama dengan NatGeo Indonesia.

Dari Ufosee.com, kisah tersebut diambil oleh erabaru (versi Indonesia dari the epoch times) pada tanggal 27 mei 2015 dan kemudian diteruskan oleh Intisari online pada tanggal 30 Mei 2015 yang kemudian diteruskan NatGeo Indonesia pada hari ini.


Dari kedua situs inilah, NatGeo indonesia mengambil kisah tersebut. 


Saya bertanya-tanya, apakah mengutip berita sains dari National Geographic Amerika telah menjadi terlalu mainstream bagi para wartawan Natgeo Indonesia sehingga mereka merasa harus mengutipnya dari situs lain yang tidak berkaitan dengan sains? 

No comments: