16 Piramida Kuno Ditemukan Dekat Pekuburan Sudan

16 Piramida Kuno Ditemukan Dekat Pekuburan
16 piramid kuno ditemukan di Sudan (Foto: Life Science)
Sebanyak 16 piramida kuno dengan makam di bawahnya ditemukan kota kuno Gematon di Sudan. Piramida kuno tersebut ditemukan di dekat areal permakaman.
“Sejauh ini kami sudah menggali enam yang dari batu dan 10 dari bata lumpur,” kata Derek Welsby, kurator British Museum di London, yang bersama timnya telah melakukan ekskavasi di Gematon sejak 1998, seperti dilansir dari Live Science, Jumat, 18 September.
Diperkirakan piramida kuno itu berasal dari sekitar 2.000 tahun yang lalu saat masa kerajaan Kush di Sudan. Pembangunan piramida populer di masa kerajaan itu. Mereka membangun hingga kerajaan runtuh di abad ke-4 Masehi.
Piramida terbesar yang ditemukan di Gematon berukuran 10,6 meter dan tinggi 13 meter.
Tidak semua makam di sana memiliki piramida, beberapa hanya berupa struktur persegi bernama mastaba dan ada juga yang tertutup batu, disebut tumuli.
Pada salah satu kuburan, para arkeolog menemukan meja tempat persembahan yang terbuat dari timah-tembaga.
Di meja itu terukir gambar seorang pangeran atau pendeta memberikan dupa dan persembahan kepada Dewa Osiris, penguasa dunia bawah tanah.
Di belakang Osiris, Dewi Isis juga menyuguhkan persembahan untuk sang dewa. Meski Osiris dan Isis berasal Mesir, mereka juga dihormati di Kush dan juga belahan dunia lainnya.
RTW

No comments: