Suhaib Ar Rumi, Meninggalkan Hartanya Karena Kecintaan pada Islam

Dia pergi ke sana dan menemukan temannya, Ammar bin Yasir juga hadir. Mereka mendengar ayat-ayat dari Al-Qur'an dan memeluk Islam Saat Umar wafat, beliau mewasiatkan agar Suhaib yang menjadi imam shalat jenazahnya. Suhaib berdiri sebagai simbol kesetaraan dalam Islam.
Suhaib Ar Rumi, Meninggalkan Hartanya Karena Kecintaan pada Islam
ANAS bin Malik meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam berbicara tentang empat pelopor. Dia mengatakan: “Saya pendahulu dari Arab; Suhaib merupakan cikal bakal Roma; Bilal adalah pelopor dari Habasha (Afrika) dan Salman merupakan cikal bakal dari Persia (Iran).”
Dengan demikian ia meramalkan penyebaran Islam di Asia, Afrika, Eropa dan dunia Arab.
Kehormatan terbesar yang diberikan oleh Nabi pada tiga orang asing yang menerima Islam pada hari-hari awal pada masa turbulensi pada zamannya.
Ketika Khalifah Umar bin Al-Khattab diserang dan terluka, ia menyatakan, jika aku mati, Suhaib akan memimpin doa dan dia akan menjadi pemimpin sampai khalifah baru terpilih.
Beliau adalah sahabat yang agung Suhaib bin Sinan Ar-rumi. Semasa kecilnya, beliau tinggal di kota Iraq, di istana bapaknya yang menjabat menteri pada kerajaan Farsi yaitu sebagai Hakim Al-Ubullah salah satu negeri bagian di Iraq, beliau keturunan Arab yang bernama An-Namr bin Qasith, kemudian mereka hijrah ke Iraq sejak lama dan hidup bahagia dengan harta yang berlimpah dari kekayaan orang tuanya selama beberapa tahun lamanya.
Demikianlah Suhaib bin Sinaan, orang asing di Hijaz yang tidak bisa berbahasa Arab dengan lancar. Ketika ia berusia lima tahun, satu hari keluarga pergi ke sebuah desa bernama Al-Thani untuk menikmati hidup di pedesaan.
Desa digerebek oleh tentara Bizantium. Mereka menjarah desa, membunuh para penjaga dan mengambil perempuan dan anak-anak sebagai budak. Suhaib adalah salah satu dari mereka. Mereka menjualnya di pasar budak Romawi. Suhaib kehilangan keluarga dan semua kontak dengan orang-orang dan tempat, saat ia tumbuh ia dijual lagi dan lagi dengan harga yang lebih tinggi. Suhaib cerdas, pekerja keras dan jujur. Dia belajar perdagangan dan juga bahasa Yunani mereka yang ia berbicara lancar bukan Arab.
Dia mendengar ulama mengatakan bahwa waktunya telah datang untuk nabi baru muncul di Saudi. Ini membuatnya bersemangat untuk kembali ke negerinya. Suatu hari ia mendapat kesempatan dan melarikan diri ke arah Makkah. Di sana ia bertemu Abdullah bin Jadaan. Diriwayat lain mengatakan ia dijual sebagai budak Abdullah yang kemudian membebaskannya.
Di Makkah, Suhaib memulai bisnis dan segera menjadi kaya. Itu adalah ketika ia pertama kali mendengar tentang Islam. Dia diberitahu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bertemu orang diam-diam di Darul Arqam.
Dia pergi ke sana dan menemukan temannya, Ammar bin Yasir juga hadir. Mereka mendengar ayat-ayat dari Al-Qur’an dan memeluk Islam. Dikatakan mereka merupakan yang pertama 10 untuk memeluk Islam. Mereka menghabiskan sepanjang hari di tempat Nabi dan kiri pada malam hari di bawah penutup dari kegelapan. Berita tentang Islam dan Muslim penyebaran baru termasuk Bilal, Yasir, Khabbab, Ammar dan Suhaib dipenjara dan disiksa parah. Sumayyah, ibu dari Ammar disiksa sampai mati. Dia dianggap sebagai Syuhada pertama dalam Islam. Suhaib menghabiskan lebih dari 10 tahun di Makkah abadi penyiksaan dan kesulitan.
Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam memutuskan untuk hijrah ke Madinah dengan Abu Bakar Assiddiq, Suhaib ingin bergabung dengan mereka, tetapi orang-orang kafir dari Makkah menempatkan dia di bawah tahanan rumah. Setelah kepergian Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, Suhaib berhasil kabur di malam hari meninggalkan semua kekayaannya yang dikuburkannya didalam rumahnya. Dia pun bergegas menuju Madinah pada tunggangannya dengan pedang dan busur di tangan.
Para penjaga kemudian menyadari dan bergegas di belakangnya. Mereka punya mencari Suhaib di di jalan. Suhaib naik bukit dan dikepung para penjaga, “Anda tahu saya salah satu pemanah terbaik. Jika Anda datang dekat saya, Demi Allah, aku akan membunuh salah satu dari Anda. Lalu aku akan bertarung dengan pedang. “mereka pun ‘berkata,” Demi Allah, kami tidak akan membiarkan Anda melarikan diri dengan hidup Anda dan kekayaan Anda ”
Suhaib pun mengatakan, “Apakah kalian akan membebaskan saya jika saya memberikan kekayaan saya?” “Ya,” jawab mereka. Suhaib mengatakan kepada mereka tempat di rumahnya tempat ia mengbur seluruh kekayaannya dan mereka pun membebaskan Suhaib.

SAAT dalam perjalanan dari Makkah menuju Madinah, Suhaib dicegat oleh orang-orang Makkah.
“Wahai Suhaib, engkau datang kepada kami dalam keadaan miskin dan hina, kemudian hartamu menjadi banyak setelah tinggal di daerah kami. Setelah itu terjadilah di antara kita apa yang terjadi (perselisihan karena Islam). Engkau boleh pergi, tapi tidak dengan semua hartamu.” Suhaib pun meninggalkan hartanya tanpa ia pedulikan sedikit pun.
Dia bergegas menuju Madinah dan mencapai Quba. Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam melihat Suhaib, beliau sangat gembira dan menyambut Suhaib berkata, Wahai Abu Yahya.
” Perdagangan yang amat menguntungkan, ” ia mengulanginya tiga kali. Wajah Suhaib ini berseri-seri dengan kebahagiaan.
“Suhaib berkata, “Wahai Rasulullah, tidak ada seorang pun yang melihat apa yang kualami.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jibril yang memberi tahuku.”
“Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.” (QS. Al-Baqarah: 207)
Suhaib tinggal di Madinah membantu orang miskin dan melarat. Saking rajinnya Suhaib dalam bersedakah, sampai-sampai Umar bin Khattab menganggapnya mubadzir (karena sedekahnya dianggap tidak tepat sasaran). Kata Umar, “Wahai Suhaib, aku tidak melihat kekurangan pada dirimu kecuali dalam tiga hal: Engkau menisbatkan diri sebagai orang Arab, padahal logatmu logat Romawi, engkau berkun-yah dengan nama Nabi, dan engkau orang yang mubadzir.”
Suhaib menanggapi, “Aku seorang yang mubadzir? Tidaklah aku berinfak kecuali dalam kebenaran. Adapun kun-yahku, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri yang memberinya. Dan logatku logat Romawi, karena sejak kecil aku ditawan orang-orang Romawi. Sehingga logat mereka sangat berpengaruh padaku.”
Saat Umar wafat, beliau mewasiatkan agar Suhaib yang menjadi imam shalat jenazahnya.
Suhaib berdiri sebagai simbol kesetaraan dalam Islam.
Dia tinggal di Madinah selama lebih dari 30 tahun. Dia meriwayatkan beberapa hadits dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, Suhaib wafat di Kota Madinah pada bulan Syawal tahun 38 H. Saat itu usia beliau 70 tahun dan dimakamkan di Baqi’. Semoga Allah merahmatinya dan menempattkannya bersama para salihin. Amin.
Dzul Qarnain

No comments: