Kehebatan dan Kemampuan Rohani Manusia

rohani manusia
PADA dasarnya manusia dikatakan hidup jika rohaninya ‘hidup’. Oleh Karena itu perbincangan mengenai manusia ini pun akan difokuskan kepada kehebatan dan kemampuan rohani manusia yang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, urusan rohani ini adalah salahsatu urusan yang penting.
Berikut ini kehebatan dan kemampuan rohani manusia yang perlu kita ketahui, agar kita dapat mensyukuri dan mengoptimalkannya.
1. Memiliki kesadaran akan keadaannya, sehingga rohani dapat berpikir, membedakan baik-buruk, benar-salah, bermanfaat-berbahaya, juga dapat merasakan keindahan.
2. Memiliki kesadaran berada di alam, merasa menyatu sekaligus berjarak dengannya. Rohani dapat membangun atau merusak, mempengaruhi atau dipengaruhi olehnya.
3. Berbudaya, yakni mengekspresikan cipta, rasa, dan karsa.
4. Manusia dapat berdiri sebagai subjek, memliki dan dapat merumuskan siakp dan pendiriannya. Mampu mengadakan objektivitas dan memilih secara meredeka.
5. Memiliki kesadaran moral, menyadari akan tanggung jawab, kewajiban, dan haknya, rohani akan mampu mengendalikan hawa nafsu.
6. Memiliki kesadaran akan waktu, rohani sepenuhnya sadar akan adanya masa lalu, masa kini dan masa depan keseluruhan manusia maupun dirinya. Rohani sadar akan pentingnya memperjuangkan citacita sekaligus sadar akan kefanaannya.
7. Dapat menampung segala peristiwa yang pernah dialaminya. Ada gembira dan sedih, ada cinta dan benci, dan sebagainya yang secara rapi tersusun dan terorganisasi meski berlawanan.
8. Dapat merangkaikan masa demi masa dengan tanpa terhalang oleh peristiwa lain, misalnya tidurnya.
9. Rohani berasal dari Tuhan dan memiliki unsur ketuhanan, maka dari itu, rohani dpaat berhubungan dengan Tuhannya. []
Sumber: Terapi Hati/Amin Syuku dan Fathimah Usman/Erlangga

No comments: