Pusaka Andalan Rasulullah

Pedang Rasulullah, Al-Qadib yang dipamerkan pada ajang Islamic Book Fair 2014 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (28/2).
Pedang Rasulullah, Al-Qadib yang dipamerkan pada ajang Islamic Book Fair 2014 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (28/2).
Perjuangan Nabi Muhammad SAW tak pernah padam. Hingga kini, sepak terjang beliau dan para sahabat saat berperang di jalan Allah terabadikan dalam ribuan riwayat.

Tak terkecuali sejumlah pusaka yang menjadi bukti nyata perjuangan mereka, yang disimpan rapat-rapat dalam museum dengan penjagaan ketat. Pedang, busur, tongkat, dan segala peninggalan beliau mayoritas diinventarisir Museum Topkapi di Turki.

Untuk melihat langsung pusaka bukti sejarah Islam itu, Anda tak perlu jauh-jauh bertandang ke sana. Pasalnya, replika sejumlah barang bersejarah itu secara berkala dipamerkan di Indonesia.

Bulan ini, Kota Bogor menjadi lokasi display replika pedang milik Rasulullah dan para sahabat. Bertempat di Plaza Masjid Raya Bogor, pameran perdana itu menjadi salah satu rangkaian kegiatan Bogor Islamic Book Fair ke-10 yang digelar selama sepuluh hari (9-18/10).

"Hingga saat ini, kami sudah melakukan tur ke 84-kota, tujuannya untuk memberikan edukasi sejarah Islam kepada masyarakat," ujar perwakilan penyelenggara Pameran Pedang Nabi: Edukasi Sejarah Islam Subhan.

Pengunjung yang datang akan diminta membeli tiket masuk seharga Rp 15 ribu untuk kalangan umum dan Rp 10 ribu bagi pelajar. Di dalam ruang, pusaka yang mengandung unsur sejarah dan tambo Islam tersebut menunggu disimak.

Kilat tajam puluhan pedang meremang dalam temaram cahaya ruang. Tata dekorasi itu diiringi latar suara denting pedang dan derap kuda, seolah pengunjung sedang merasakan langsung suasana peperangan ketika Nabi Muhammad dan para sahabat berjuang.

Sekitar 22 pedang dipamerkan di sana. Pedang-pedang megah milik Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Usman bin Affan, dan sejumlah sahabat lain itu memiliki bentuk dan desain beragam.

"Seluruh pedang ini adalah replika sempurna yang dibuat berdasarkan ukuran dan bentuk aslinya. Sebagian terbuat dari besi, ada pula yang dari emas," kata Subhan.

Setiap pedang memiliki kisahnya masing-masing. Sejarah singkat mengenai pedang dan sang pemilik dipaparkan secara padat di samping masing-masing pedang.

Subhan menyampaikan, informasi singkat itu sengaja dipasang agar pengunjung memahami latar belakang pusaka yang mereka simak. Dengan demikian, kaum Muslim khususnya dari kalangan generasi muda semakin mengenal dan mencintai sejarah perjuangan Islam.
Tiga pedang kesayangan Nabi Muhammad SAW, yaitu Al Qadib, Al Ma'thur, dan Zulfikar. Ketiganya memiliki keunikan dan sejarah masing-masing.

Pedang Al Qadib milik Rasulullah merupakan jenis pedang ringan yang menyerupai batang tipis. Sarung dari pedang sepanjang 100 cm itu terbuat dari kulit binatang.

Pada sisi perak pedang, ditatahkan lafadz syahadat "Asyhadu 'ala ilahailallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah". Sejarah mencatat, pedang itu tak sering digunakan Rasul untuk berperang.

Pedang lain milik Rasulullah, Al Ma'thur, merupakan warisan dari ayahanda beliau. Di dekat gagang pedang, tertulis kaligrafi Abdullah bin Abdul Muthalib (ayahanda Rasulullah).

Pedang sepanjang enam jengkal itu terbuat dari emas, berbentuk dua kepala ular, dan hampir seluruh permukaannya dihiasi batu delima dan batu pirus berwarna biru dan merah.

"Pedang ini sudah dimiliki Rasulullah sejak masih muda, sebelum turunnya wahyu. Saat pernikahan putrinya, Fatimah Az Zahra, Rasulullah menghunuskan pedang ini sambil berjalan," ungkap Subhan.

Pedang ketiga, Zulfikar, telah diberikan Nabi kepada Ali bin Abi Thalib. Secara fisik, pedang lebar tersebut terbilang unik dengan warna emas pada keseluruhan permukaannya dan bagian ujung yang bercabang.

Pedang tersebut digunakan dalam Perang Badar untuk membela agama. Di atasnya, tertulis kalimat ‘Tidak ada pemuda seperti Ali dan tidak ada pedang seperti pedang Zulfikar’.

Subhan menginformasikan, replika pedang Zulfikar sempat menjadi ikon dan pengunjung diperkenankan berpose dengan pedang itu. Akan tetapi, akibat terlalu sering disentuh, replika itu menjadi sedikit rusak di bagian sarungnya.

"Sayang sekali harus disimpan kembali dalam kotak kaca, jadi sekarang hanya dua pedang milik Ali yang diperbolehkan digunakan untuk berfoto," katanya.

Amir Abdullah Karim, salah satu pengunjung, menganggap kesempatan melihat langsung rupa pusaka tersebut sebagai sebuah kenikmatan tersendiri. Apalagi, helat itu merupakan yang pertama ada di Kota Bogor.

Pria 29 tahun asal NTT itu terutama takjub terhadap bobot pedang yang terbilang cukup berat, antara dua hingga enam kilogram. Amir terbayang perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat saat berperang, mengingat mereka harus memegang tali kekang kuda dengan satu tangan dan menghunus pedang dengan tangan lain.

"Menggambarkan bahwasanya Allah meberikan kekuatan lebih. Dengan keyakinan, pedang yang berat mungkin saat perang terasa ringan," tuturnya.

Bagi Amir, seluruh benda bersejarah yang dipamerkan sungguh spesial dan memiliki makna masing-masing. Selain pedang Rasulullah SAW dan para sahabat, terdapat pula sandal, tongkat, dan busur milik Rasulullah SAW.

"Peninggalan sejarah merupakan hal yang penting dan tidak bisa kita lupakan," kata ia. Amir mengaku merasa senang bisa turut menghunus pedang para sahabat tersebut, meski hanya sekadar replika.
Reporter : c34 Redaktur : Indah Wulandari

No comments: