Tiga Laut Bersejarah

Typepad.com
Laut Mati.
Laut Mati.
Permukaan bumi didominasi oleh perairan laut. Sepanjang sejarah, laut menjadi tumpuan hidup berbagai peradaban manusia. Selain sebagai sumber daya alam yang menyediakan bahan makanan, laut juga memiliki banyak fungsi. Keberadaan laut sangat vital sebagai jalur transportasi utama pada masa lalu yang menghubungkan satu komunitas peradaban dengan peradaban lainnya. 

Alquran banyak menegaskan fungsi krusial yang ada pada laut, seperti fungsi jalur transportasi. Surah al-Baqarah ayat 164 menyebutkan, laut merupakan jalur lalu lintas bahtera yang membawa berbagai kebutuhan umat manusia. Ini sekaligus pertanda bahwa kuasa Allah SWT sangat agung di sana.

Pelayaran kapal di laut luas itu pada masa lalu juga diibaratkan Alquran laksana gunung-gunung kecil di perairan akibat layar yang dikembangkan dan lalu tampak sejauh mata memandang. (QS as-Syura: 32 dan QS ar-Rahman: 24). 

Belakangan, National Oceanic and Atmospheric Association (NOAA) memakai potensi laut sebagai kajian mereka terhadap angin dan arah angin. Sejarah mengabadikan kisah-kisah panjang di balik keberadaan sejumlah laut, antara lain:

Laut Merah

Laut ini terletak di sebelah barat Jazirah Arab. Di perairan inilah lokasi kisah Musa membelah laut untuk berlari dari kejaran Firaun. Kisah Nabi Musa membelah Laut Merah tersebut diperkirakan terjadi sekitar 3.500 tahun silam. Alquran mengabadikannya dalam surah al-Baqarah ayat 50.  

Berdasarkan penelitian ilmiah, lokasi penyeberangan Nabi Musa AS diperkirakan berada di wilayah Nuwaiba, Semenanjung Sinai, Mesir. Kedalaman maksimum perairan di kawasan ini sekitar 800 meter ke arah Mesir dan 900 meter ke arah Arab.

Sedangkan, jarak Nuwaiba di sisi timur Laut Merah hingga Semenanjung Arab di sisi barat sekitar 1.800 meter. Lebar lintasan saat Nabi Musa menyeberangi Laut Merah diperkirakan mencapai 900 meter.

Laut Mati

Laut ini terletak di Yordania, berbatasan dengan Palestina dan Israel. Lokasinya berada di bawah permukaan laut, yaitu 417,5 meter.

Para sejarawan memperkirakan, Kota Sodom, tempat kaum Nabi Luth dulu menetap dan akhirnya mendapatkan siksa akibat perlakuan menyimpang mereka, yakni homoseksual, berada di daerah sekitar Laut Mati.

Atas perilaku menyimpang itu, kaum Nabi Luth dibinasakan. Kota mereka dijungkirbalikkan. Kisahnya termaktub di surah al-Hijr [15]: 73-76, Huud [11]: 82-83, dan as-Syu'ara [26]: 172-175).

Laut Mediterania


Perairan yang juga disebut Laut Tengah ini merupakan jalur yang sibuk pada masa lalu. Orang Mesir, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Timur Tengah menjadikan laut ini sebagai jalur transportasi perdagangan dan pertukaran budaya.

Laut ini juga menjadi aset penting bagi tumbuh kembangnya peradaban Barat. Orang Mesir kuno disebut-sebut sebagai komunitas pertama yang menjelajahi perairan ini ribuan tahun sebelum Masehi. Laut ini juga memiliki peran strategis sebagai jalur penyebaran Islam di wilayah Eropa.
Reporter : Nashih Nasrullah Redaktur : Agung Sasongko

No comments: