Arkeolog Bawah Laut Temukan 22 Kapal Karam Kuno di Kepulauan Fourni

Tim arkeolog yang dipimpin Universitas Southampton telah menemukan hampir dua lusin kapal karam di sekitar kepulauan Fourni, Yunani.
Arkeolog Bawah Laut Temukan 22 Kapal Karam Kuno di Kepulauan FourniSebuah pencarian arkeolog bawah laut di sekitar Amphorae (V. Mentogianis via Sci-new.com)

Tim arkeolog yang dipimpin Universitas Southampton telah menemukan hampir dua lusin kapal karam di sekitar kepulauan Fourni, Yunani.

Kepulauan Fourni adalah sekelompok pulau-pulau kecil terletak di segitiga yang dibentuk oleh pulau-pulau Aegean timur yaitu Ikaria, Samos dan Patmos. Pulau-pulau ini tidak pernah menjadi tuan rumah kota-kota besar, padahal mereka berperan penting sebagai pelabuhan dan titik navigasi di Laut Aegea timur. Kepulauan ini terletak di sepanjang rute penyeberangan timur-barat utama, serta rute utara-selatan utama yang menghubungkan Aegean ke Levant.

Bangkai kapal yang ditemukan oleh tim diperkirakan berasal dari periode Archaic (700-480 SM) melalui Periode Abad Pertengahan (abad 16). Beberapa bangkai kapal berasal dari periode Klasik (480 - 323 SM) dan periode Helenistik (323 SM - 31 SM), tetapi lebih dari setengahnya berasal dari Periode Romawi Akhir (300-600 M).

Menurut arkeolog, kargo kapal menunjukkan pentingnya perdagangan jarak jauh antara Laut Hitam, Laut Aegea, Siprus, Levant, dan Mesir -dalam semua periode ini.

"Konsentrasi bangkai kapal kuno belum pernah terjadi sebelumnya. Volume bangkai kapal di Fourni, sebuah pulau yang tidak memiliki kota-kota besar atau pelabuhan, berbicara perannya dalam navigasi serta bahaya berlayar ke Aegea timur, "kata anggota tim, Dr Peter Campbell, seorang arkeolog dengan RPM Nautical Foundation dari Universitas Southampton, Inggris.

"Yang mencengangkan adalah tidak hanya jumlah bangkai kapal, tetapi juga keragaman kargo, beberapa di antaranya ditemukan untuk pertama kalinya," tambah anggota tim, Dr George Koutsouflakis dari Greek Ephorate of Underwater Antiquities.

"Setidaknya tiga dari situs ini memiliki kargo yang belum ditemukan sebelumnya di bangkai kapal."

Tim menemukan artefak, terutama amphoras, dari masing-masing lokasi untuk analisis ilmiah. Mereka juga memetakan setiap lokasi kecelakaan menggunakan fotogrametri untuk membuat rencana situs 3D.

Artefak sedang dikonservasi di sebuah laboratorium di Athena dan mungkin akan ditampilkan di museum di masa depan.

Para arkeolog mengatakan bahwa penemuan mereka menambah 12% jumlah bangkai kapal kuno yang terkenal di Yunani.

(K.N Rosandrani/Sci-news.com

No comments: