Lumbung Gandum di Piramida Mesir

Calon presiden AS, Ben Carson menarik perhatian beberapa minggu ini, dengan mengatakan bahwa piramida Mesir dibangun untuk menyimpan gandum Lumbung Gandum di Piramida MesirWikimedia Commons
Calon presiden AS, Ben Carson telah menarik perhatian dalam beberapa minggu ini dengan mengatakan bahwa piramida Mesir dibangun untuk menyimpan gandum. Seperti yang banyak anak sekolah tahu, di Piramida terdapat makam Fira’un. Lalu, dari mana ide lumbung gandum itu berasal ?
Sejarah Mesir bukanlah sesuatu yang ditanyai pada calon presiden Amerika dalam kampanye, tetapi pekan ini Ben Carson dari Partai Republik menghadapi rentetan pertanyaan setelah menyatakan bahwa ia percaya jika piramida dibangun oleh tokoh Alkitab,Yusuf untuk menyimpan gandum.
Asal Mula Teori Lumbung Gandum
Dalam Perjanjian Lama, Yusuf dijual ke perbudakan di Mesir oleh saudara-saudaranya, di mana ia kemudian menafsirkan mimpi Fira’un dan membantu orang Mesir bertahan hidup dari kelaparan tujuh tahun dengan menyimpan gandum. Tidak disebutkan cerita tentang piramida dalam versi Alkitab, tetapi di Abad Pertengahan orang-orang mulai menuliskannya ke dalam cerita.
"Jika Anda pergi ke Katedral St Mark di Venice, ada gambaran abad pertengahan yang menunjukkan orang yang menggunakan tiga piramida besar Giza sebagai lumbung dalam cerita Yusuf," kata John Darnell, seorang profesor ilmu pengetahuan Mesir di Universitas Yale.
"Jika Anda tidak memiliki akses ke struktur, ide masih bisa beredar."
Keyakinan ini juga dipopulerkan oleh Santo Gregorius dari Tours, pada abad keenam keuskupan Frankish menulis: "Mereka yang lebar di dasar dan sempit di bagian atas agar gandum dapat dilemparkan ke mereka melalui lubang kecil, dan lumbung ini terlihat sampai hari ini. "
Kitab John Mandeville, sebuah memoar populer perjalanan abad ke-14, juga menyebut "Lumbung Yusuf, yang telah dibuat guna menyimpan gandum untuk masa-masa sulit".
Tapi Darnell mengatakan ide mulai berbeda selama masa Renaissance, ketika orang membuat penelitian yang lebih rinci pada piramida.
"Sekarang tentu saja kita tahu piramida merupakan ruang pemakaman. Meskipun hanya satu unsur kompleks yang jauh lebih besar. Arsitektur piramida terdahulu dan turunannya, merupakan lorong-lorong internal dan fungsi ruang yang dapat ditelusuri melalui periode dalam Kerajaan baru Mesir, "katanya.
Darnell menunjukkan jika Kisah Yusuf diduga diatur dalam zaman Kerajaan Tengah Mesir, Darnell pada abad setelah piramida Giza dibangun.
Ahli Mesir Kuno juga mempertanyakan aspek-aspek lain dari teori piramida Carson. Lumbung gandum Yusuf  "akan menjadi sesuatu yang sangat besar jika Anda berhenti dan berpikir tentang hal itu," ia mengungkapkan dalam pidatonya.
Dia menambahkan: "Dan ketika Anda melihat cara piramida dibuat, dengan banyak ruang yang tertutup rapat, kenapa harus seperti itu karena berbagai alasan."
Argumennya menunjukkan bahwa ruang yang tertutup rapat digunakan untuk melestarikan gandum. Tetapi Darnell menolak logika ini.
"Unsur internal yang utama dari piramida adalah batu dan bata - tidak akan ada banyak ruang untuk gandum, dan itu akan membuang tenaga dan rekayasa," katanya. "Plus, kita tahu lumbung kuno cenderung berbentuk sarang lebah dan cukup kecil, itu tidak masuk akal untuk membangun lumbung monumental raksasa. Itu akan memakan waktu lama untuk gandum, dan menutupi setiap orang ketika dibagikan."
Ahli Mesir Kuno, James Allen dari Brown University setuju. "Tidak ada cara di dunia gandum akan disimpan dalam struktur seperti itu," katanya. "Ini akan menjadi benar-benar praktis. Ini seperti mengatakan Menara London dibangun sebagai lumbung penyimpanan."
(K.N Rosandrani/bbc.com

No comments: