Mosaik Indah Berusia 1.700 Tahun dari Penggalian di Israel

Mosaik indah dari era Romawi telah ditemukan di lingkungan Neve Yerek, tetangga dari Lod, bagian tenggara Tel Aviv, Israel
Mosaik Indah Berusia 1.700 Tahun dari Penggalian di IsraelMosaik indah yang ditemukan di Israel oleh IAA (Assaf Peretz/Israel Antiquities Authority via Sci-news.com)
Mosaik indah dari era Romawi telah ditemukan di lingkungan Neve Yerek, tetangga dari Lod, bagian tenggara Tel Aviv, oleh arkeolog dari Israel Antiquities Authority (IAA)
Mosaik yang berukuran 11 x 13 meter ini, menggambarkan burung, ikan, bunga dalam keranjang, vas, serta perburuan hewan.
"Kualitas gambar yang ada dalam mosaik menunjukkan kemampuan artistik yang sangat berkembang," kata Dr. Amir Gorzalczany, arkeolog IAA.
"Mosaik berwarna-warni ini merupakan bagian trotoar dari halaman vila Romawi,  yang juga memiliki mosaik Lod terkenal di ruang tamu," tambahnya.
Halaman besar dikelilingi oleh serambi bertiang yang menutupi galeri terbuka di halaman.
(Baca pula Mosaik Menakjubkan Abad Kuno Terbongkar di Turki)
"Banyak fragmen lukisan dinding (lukisan dinding yang di plester basah) mencerminkan dekorasi dan desain yang teliti dan mewah. Ini merupakan tradisi terbaik dari lahirnya periode," tambah Dr Gorzalczany.
"Villa yang kami temukan adalah bagian dari lingkungan rumah makmur yang berdiri di sini selama periode Romawi dan Bizantium," katanya. "Pada saat itu, Lod disebut Diospolis dan merupakan ibu kota kabupaten, sampai digantikan oleh Ramla, setelah penaklukan Muslim. Bangunan ini telah digunakan untuk waktu yang sangat lama. "
"Kompleksnya bagian timur tidak dapat benar-benar diijangkau, karena bangunan meluas di bawah lingkungan modern".
(K.N Rosandrani/Sci-news.com

No comments: