Pendiri Bangsa Mencetak Pemikir Bangsa

cokroaminoto_1
HOS Cokroaminoto, beliau adalah seorang tokoh yang lumayan asing diantara deretan buku sejarah. Kita akan menemukan nama beliau mungkin hanya terpampang sebagai nama jalan. Padahal jika kita membaca dari jejak perjuangan beliau terhadap kebangkitan bangsa Indonesia sangat membekas sekali. Beliau yang menggerakan revolusi rakyat cilik menuju masyarakat yang beradab. Pemikiran-pemikiran beliau yang tercatat dalam bukunya memberi peluru semangat bagi rakyat cilik maupun para intelektual.
Jika kita mengetahui tokoh Pemikir Bangsa seperti Soekarno maka seharusnya kita tahu HOS Cokroaminoto, karena beliau merupakan guru terbaik Soekarno bahkan gaya pidato Soekarno itu mempunyai karakter yang mirip dengan Pak Cokro.
Beliau merupakan seorang pendiri bangsa yang mencetak para pemikir bangsa, sehingga dari pemikiran-pemikirannyamenjadi pemantik tokoh bangsa yang berhasil menumbuhkan tiga pohon ideologi; Soekarno (Nasionalisme) Samaoen (Komunisme) Kartosuwiryo (Islamisme). Tiga tokoh yang selama ini menjadi inspirasi masyarakat Indonesia ternyata hasil dari tempaan bapak HOS Cokroaminoto. Para pemikir bangsa ini yang banyak sekali menorehkan perjuangan dari golongan kiri sampai golongan kanan, dan nama-nama mereka akan selalu membumi dibelantara pemikiran Nusantara.
Sebagai seorang Mahasiswa Ushuludin yang selalu haus akan Ilmu, tentu kita akan selalu memahami bagaimana caranya berpikir dan berdzikir. Berpikir tentang bagaimana caranya menghasilkan ilmu yang melangitkan umat Nusantara. Pak Cokro ini menjadi inspirasi kita untuk bagaimana caranya mengahasilkan para pemikir bangsa. Berdzikir tentang seluruh ilmu yang kita peroleh dengan hasil kontemplasi lalu menghasilkan nilai-nilai kemajuan berpikir dalam kehidupan masyarakat. Semoga Bapak HOS Cokroaminoto menjadi salahsatu tokoh yang selalu memberi semangat belajar, semangat berpikir, dan semangat berdzikir.

Awaludin al-Fikr, zulfhian.a@gmail.com

No comments: