Setelah Mati, Roh Kemana?

malam pohon bulan
KEMATIAN merupakan perjalan akhir semua makhluk hidup yang ada di bumi ini, kelak akan dibangkitkan pada hari kiamat. Dan akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah terhadap apa yang di perbuatnya di dunia.
Tapi, kenamakah Roh kita sebelum hari Kiamat datang? Roh kita berada di alam barzakh atau alam kubur sampai hari Kiamat itu tiba. Lalu, apa yang dilakukan rah di alam kubur? Di alam kubur telah menunggu malaikat Mungkar dan Nakir yang tugasnya untuk menayai roh.
Saat itu, roh kita akan ditanya oleh malaikat Mungkar dan Nakir. Jika kita mampu menjawab pertanyaan malaikat, maka kita akan ditunjukan temapat kita di surga. Dan sebaliknya, jika kita tidak mampu menjawab pertanyaan dari malaikat, maka ditunjukanlah tempatnya di neraka. Nauzubilah minzalik.
Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa: “Inilah tempatmu nanti (yaitu surga atau neraka) hingga hari kiamat yang akan datang,” (HR Muslim).
Maka beruntunglah orang-orang yang memaksimalkan hidupnya di dunia untuk berbuat kebaikan. Karena Allah akan menempatkan roh orang-orang yang beriman di temapat yang sebaik-baiknya di sisiNya.
Menurut sebagian ulama: “Roh orang-orang taat kepada Allah berada di antara langit dan bumi.”
Allah berfirman: “Apakah Kami (Allah) akan menjadikan mereka yang beriman dan beramal shaleh akan sama dengan golongan mereka yang merusak (penjahat) di permukaan bumi? Atau apakah kami akan menjadikan mereka yang takwa sama seperti mereka yang berdaosa?,” (QS Shad: 28).
Ayat ini menjelaskan bahwa Allah tidak akan memberi balasan yang sama terhadap orang-orang yang beriman dan shaleh, dengan orang-orang semasa hidupnya berbuat kerusakan di bumi. Karena, Allah merupakan sebaik-baiknya hakim. [dry/Islampos]
Referensi: 100 Cara Mengatasi Takut Mati/Hussein Bahreisj/Pustaka Media/2004

No comments: