Tempat Paling Misterius, Area 51

Mengenal Tempat Paling Misterius, Area 51
Mengenal Tempat Paling Misterius, Area 51 (Foto: Mes-Den)
Area 51 yang dimiliki Amerika Serikat selama ini dikenal sebagai daerah terisolasi untuk pusat pengembangan rahasia pesawat tempur generasi baru. Namun di area itu, kabarnya terjadi banyak "proyek hitam" dan pusat penelitian UFO.

Kendati demikian nama resmi dari daerah ini sebenarnya adalah Nevada Test and Training Rang. Menurut Central Intelligence Agency (CIA), nama yang benar untuk fasilitas ini adalah Homey Airport dan Groom Lake Base. Tempat ini juga dikenal dengan julukan Dreamland, Watertown Strip, Paradise Ranch, The Farm, The Box dan juga The Directorate for Development Plans Area.

Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Rabu (26/11/2015), area 51 terletak di bagian selatan Nevada, 83 mil dari Las Vegas bagian barat laut. Di bagian tengah Groom Lake di kawasan ini terdapat lapangan udara militer. Memang, kawasan ini telah diakuisisi Angkatan Udara AS sejak 1995.

Sejarah nama Area 51 sendiri tidak jelas. Disebutkan bahwa angka 51 berasal dari sistem angka area yang diberikan Atomic Energy Commission (AEC). Area 51 disebut tidak masuk dalam sistem AEC namun berdekatan dengan Area 15.

Informasi mengenai kawasan ini sangat minim dari AS. Tak boleh ada kamera atau senjata yang masuk bahkan pengintai yang ditanam di bawah tanah konon bisa menyensor pergerakan di atasnya.

Pada Juli 2013, CIA merilis sejarah resmi dari U-2 dan proyek OXCART yang resmi mengakui keberadaan Area 51. Rilis itu menanggapi permintaan Freedom of Information Act yang diajukan pada 2005 oleh Jeffrey T. Richelson dari Arsip Keamanan Nasional Universitas George Washington, dan membeberkan banyak referensi mengenai Area 51 dan Groom Lake sekaligus peta daerahnya.

Kendati demikian, tetap ada instruksi yang tak biasa untuk kawasan tersebut. Ahli antariksa Dwayne A. Day menyebutkan dalam artikelnya yang berjudul "Astronauts and Area 51: the Skylab Incident" bahwa timnya mendapatkan memo dari CIA. Memo itu mengimplikasikan bahwa Area 51 menyimpan rahasia besar AS.

CIA menyatakan bahwa seharusnya pesawat antariksa Skylab seharusnya tidak mengambil foto area Groom Lake ketika orbitnya melewati area ini. "Ada instruksi tertentu untuk tidak melakukan itu. Ini adalah satu-satunya lokasi di mana instruksi semacam ini berlaku," demikian tulisan tersebut.
(kem)

No comments: