Lantai Mozaik Perumahan Konglomerat Era Romawi ditemukan di Israel

Kedua mozaik tersebut memberikan sekilas pandang ke dalam rumah penduduk paling elit di wilayah kosmopolitan ini di era-Romawi.
Lantai Mozaik Perumahan Konglomerat Era Romawi ditemukan di IsraelLantai mozaik mewah yang ditemukan di Lod, sebuah kota di sebelah timur Tel Aviv. (Assaf Peretz/IAA)
Sisa-sisa lantai mozaik luar biasa dari 1.700 tahun lalu memberikan titik terang baru yang sangat berharga tentang keberadaan lingkungan mewah di Israel selama zaman Romawi dan Bizantium.

Mozaik pertama kali ditemukan saat pembangunan pusat pengunjung di Lod, sebuah kota di sebelah timur Tel Aviv, menurut Otoritas Kepurbakalaan Israel (IAA). Saat ini, para arkeolog  menyimpulkan bahwa mozaik mungkin dulunya merupakan bagian dari lantai halaman terbuka, dikelilingi oleh galeri dan ruang-ruang.
Rencananya, mozaik akan dipajang di pusat pengunjung berdampingan dengan mozaik lain yang sebelumnya ditemukan di lokasi yang sama. Hal tersebut disampaikan oleh Amir Gorzalczany, seorang arkeolog IAA yang memimpin penggalian mozaik kepada The Huffington Post.
"Kami sangat gembira ketika mozaik baru muncul, karena kami tidak menyangka dapat mengungkap mozaik yang luar biasa indah, dalam keadaan kelestarian yang baik," katanya.
Mozaik tersebut memberikan ...Mozaik tersebut memberikan sekilas pandang ke dalam rumah penduduk paling elit di wilayah kosmopolitan ini di era-Romawi. (Assaf Peretz/IAA)
Mereka bahkan lebih terkejut ketika menyadari bahwa mosaik baru dan yang sebelumnya adalah bagian dari kompleks yang sama, yaitu sebuah vila mewah khas Romawi  dari abad ke-3 atau 4 Masehi.
Dihimpun dari Associated Press, Mozaik tersebut berukuran 11x13 meter dengan gambar rinci burung, ikan dan hewan lainnya. Mozaik itu ditemukan hanya beberapa meter jauhnya dari tempat mozaik yang ditemukan sebelumnya pada 1990-an.
Kedua mozaik tersebut memberikan sekilas pandang ke dalam rumah penduduk paling elit di wilayah kosmopolitan ini di era-Romawi.
"Tidak semua orang mampu lantai mozaik mahal tersebut," kata Gorzalczany.
Dia menambahkan bahwa daerah di mana mozaik ditemukan tampaknya telah dikembangkan dengan bangunan dan perumahan selama periode waktu yang lama.
(Lutfi Fauziah/Sumber: Huffington Post, Associated Press)

No comments: