Patung Liberty Ternyata Terinspirasi dari Perempuan Arab Penjaga Terusan Suez

Patung Liberty yang sangat ikonik di New York itu terinspirasi dari perempuan Arab penjaga Terusan Suez di Mesir
Patung Liberty Ternyata Terinspirasi dari Perempuan Arab Penjaga Terusan SuezPatung Liberty yang dipandang dari bagian muka. (Derek Jensen/wikimedia commons)
Kita semua pasti tidak asing dengan Patung Liberty, ikon demokrasi dan kebebasan di Amerika serikat. Tapi tahukah kita jika Patung Liberty di New York itu terinspirasi dari perempuan Arab penjaga Terusan Suez di Mesir?
Temuan sejumlah peneliti ini tentu saja mengundang perdebatan sengit dari berbagai kalangan. Terlepas dari itu, US National Park Service, yang menjaga patung tersebut mengatakan, pematung Perancis yang merancang Patung Liberty, Frederic Auguste Bartholdi, yang melakukan perjalanan ke Mesir tahun 1855-1856, memiliki ketertarikan terhadap monumen-monumen publik berskala besar dan patung-patung raksasa.
Saat Mesir membuat proposal pada 1869 untuk membangun sebuah mercusuar bagi Terusan Suez, Bartholdi merancang sebuah patung besar tentang seorang perempuan berjubah yang memegang obor, yang disebut “Mesir (atau Kemajuan) Membawa Cahaya ke Asia”.
“Mula-mula, patung itu mengambil sosok seorang perempuan petani berkerudung,” jelas Barry Moreno, yang telah menulis tentang patung tersebut, sebagaimana telah dikutip Smithsonian Institution yang didanai AS.
“Bartholdi memproduksi sejumlah gambar di mana patung yang diusulkan itu awalnya berupa seorang peremuan petani Mesir yang perkasa, atau petani Arab, dan secara bertahap berkembang menjadi seorang dewi raksasa,” tambah Edward Berenson, yang juga menulis tentang hal tersebut.
Sebagai informasi, ketika itu, sebagian besar rakyat Mesir adalah Muslim; sekitar 86% di Aleksandria dan Kairo, dan 91% di daerah lain.
Kesempatan kedua akhirnya datang juga. Saat itu, sejarawan Perancis, Edouard de Laboulaye, memunculkan gagasan tentang sebuah monumen yang dipersembahkan orang-orang Perancis bagi Amerika Serikat yang mereprentasikan Liberty Enlightening the World (Kebebasan yang Mencerahkan Dunia). Tahun 1870, Bartholdi mulai merancang patung itu berdasarkan pada desain yang dia punyai sebelumnya. Patung itu diresmikan tahun 1886.
Kompas

No comments: