Siapa Orang yang Pertama Kali Dikubur di Makam Baqi'?

Makam Baqi di samping Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Makam Baqi di samping Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Salah satu tempat siarah yang selalu ramai dikunjungi di Tanah Suci, khususnya di Kota Madinah, baik oleh orang-orang yang melaksanakan ibadah Umrah maupun Haji adalah Makam Baqi. Di tempat itu, entah sudah berapa banyak orang-orang pilihan yang dimakamkan.

Makam Baqi ini, sudah ada sejak zaman Rasulullah Muhammad Saw. Namun, tahukan Anda siapa manusia pertama yang dimakamkan di Makam Baqi'?
Dalam kitab Ensiklopedi Muhammad yang disusun Abdul Mun'im Al Hafni, ulama terkemuka Timur Tengah, disebutkan bahwa orang yang pertama kali dikuburkan di tempat tersebut adalah sahabat Rasul yakni Utsman bin Mazh'un. Kala itu, Rasullullah meletakkan batu di bagian pusaranya tepat di atas kepala. Lalu, Rasulullah bersabda, "Inilah orang yang telah mendahului kita."
Sejak saat itu, apabila ada orang yang meninggal, para sahabat bertanya kepada beliau, dimana kami akan memakamkannya? Rasulullah menjawab, "Di tempat dimakamkannya Utsman bin Mazh'un."
Riwayat Makam Baqi' ini, diawali dengan ketika Rasul tinggal di Madinah, beliau tidak henti-hentinya mencari kavling tanah yang tepat untuk dijadikan sebagai pemakaman kaum Muslimin. Maka Nabi pun mengelilingi Kota Madinah.
Pada saat beliu tiba di satu tempat bernama Baqi', beliau bersabda, "Aku diperintahkan di tempat ini." (Maksudnya tanah di Baqi').
Dulunya, Baqi' bernama Baqi' al Khabkhabah. Sebagian besar kawasan tersebut ditumbuhi semak dan perdu. Saat menjelang malam, di tempat tersebut banyak bermunculan serangga kecil seperti kabut.

No comments: