Kabsyah binti Rafi’, Pengawal Risalah Kenabian

Makam Syuhada perang Uhud di luar kota Madinah
Makam Syuhada perang Uhud di luar kota Madinah
Nama lengkapnya Kabsyah binti Rafi' bin Muawiyah bin Ubaid bin al-Abjar al-Khudhriyah. Ia istri dari Mu'adz bin Nu'man yang berasal dari Bani Asyhal. Dari pernikahannya, ia dikaruniai enam anak, yaitu Sa'ad, Amru, Iyas, Aus, Aqrab, dan Ummu Hizam.

Kabsyah termasuk wanita Anshar pertama yang dibaiat Rasulullah SAW. Bersama dengan Ummu Amir binti Yazid dan Hawa binti Yazid, ia menyambut dakwah Rasulullah SAW di Madinal al-Munawaroh.

Kabsyah tercatat dalam sejarah sebagai perempuan berilmu pada awal masa keislaman. Dari rumahnya terpancar cahaya Islam. Abu Malik Muhammad bin Hamid dalam bukunya 150 Perempuan Shalihah mengatakan, bau wangi senantiasa melingkupi Madinah yang berasal dari rumah Kabsyah.

Kabsyah dikenal sebagai wanita yang kukuh dalam keimanan. Sikap ini ia tunjukkan dalam jihad dan kesabaran. Setidaknya ia telah mengikuti dua perang di masa Rasulullah SAW, yaitu Perang Uhud dan Perang Khandaq.

Dalam Perang Uhud, ia bersama para wanita. Dari Madinah tersebar kabar bahwa beberapa orang Muslim telah syahid dan konon ada anaknya di sana, Amru bin Muadz. Amru bin Muadz menerjang barisan kaum musyrik.

Ia berhadapan dengan Dharar bin Khaththab dan dibunuh olehnya. Kabsyah bersegera lari ke medan perang. Kematian anaknya membuatnya merasa perih, namun ia berlari mencari Rasulullah SAW.

Ia berharap akan keselamatan Nabi Muhammad SAW. Ketika mengetahui Rasulullah SAW selamat, ia bertahmid kepada Allah SWT dan merasa penderitaannya tiada berat.

Rasulullah SAW bersabda, "Hai Ummu Sa'ad, ada kabar gembira dan sampaikan kabar gembira ini kepada keluarga mereka. Bahwa keluarga mereka yang meninggal dunia semuanya masuk surga. Dan keluarga yang ditinggalkan akan mendapat syafaat."

Kabsyah berkata, "Kami rela, ya Rasulullah. Siapa yang akan menangisi mereka setelah ini. Doakanlah ya Rasulullah, untuk orang-orang yang ditinggalkan."

Lalu Rasulullah SAW berdoa, "Ya Allah, hilangkanlah kesedihan hati mereka, lenyapkanlah musibah mereka, dan berikanlah ganti yang baik kepada mereka yang ditinggalkan."

No comments: