Kisah Gelandangan Madinah Menikah dengan Putri Bangsawan

Pernikahan  (ilustrasi)
Pernikahan (ilustrasi)
nbsp;Secara fisik, tak ada yang menarik dari salah seorang sahabat Nabi yang sering dipanggil Julaibib. Postur tubuh yang kecil, wajah yang buruk, kulit hitam legam, serta berpenampilan lusuh. Julaibib bahkan tak mengenal siapa ayah ibunya. Mungkin orang tuanya malu mendapati anak sepertinya, lalu membuangnya. Ia sering luntang-lantung di Yasrib (Madinah) yang hidup seperti gelandangan. 
Julaibib adalah julukan untuknya yang berarti "orang yang berjubah sangat kecil". Kendati ia kurang beruntung dari segi fisik, Julaibib termasuk diantara sahabat yang saleh. Ia selalu berada di shaf terdepan dalam shalat maupun di medan jihad.
Suatu kali, Rasulullah SAW menyapanya. "Tidakkah engkau ingin menikah, wahai Julaibib?" tanya Rasul. Julaibib pun tahu diri. Siapalah gerangan manusia yang mau menikahkan putrinya dengan seorang gelandangan lagi buruk seperti dirinya? Namun tampaknya Rasulullah SAW sungguh-sungguh dengan ucapannya. Rasulullah SAW menanyakan hal yang sama tiga kali. Tapi tetap di tepis oleh Julaibib.
Pada kali ketiga, Rasulullah SAW bertekad akan menikahkan Julaibib. Beliau SAW tak hanya sekedar bertanya, tapi langsung mengapit lengan Julaibib dan membawanya melamar seorang gadis. Tak tanggung-tanggung pula, yang dituju adalah rumah salah seorang pemimpin kaum Anshar.
"Aku ingin menikahkan putri kalian," pinta Rasulullah SAW kepada salah seorang pemimpin Anshar tersebut. Sang tuan rumah mengira, Rasulullah SAW lah yang akan menjadi menantu mereka. Dengan wajah bahagia, mereka menyambut Beliau SAW dengan suka cita.
"Bukan untukku. Ku pinang putri kalian untuk Julaibib," timpal Rasulullah SAW. Ayah si gadis langsung terpekik. Bahkan Julaibib sendiri pun merasa minder yang teramat sangat. Sedemikian nekat kah Rasulullah ingin memperistrikan dirinya yang buruk rupa itu dengan putri seorang bangsawan?
Lantas diberitahukanlah perihal lamaran itu kepada si gadis. "Apakah ayah dan ibu hendak menolak permintaan Rasulullah SAW? Demi Allah, kirim aku padanya. Jika Rasulullah SAW yang meminta, maka pasti beliau tidak akan membawa kehancuran dan kerugian bagiku." tegas si gadis yang shalehah.
Ia kemudian membacakan ayat, "Dan tidaklah patut bagi lelaki beriman dan perempuan beriman, apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan lain tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata." (QS al-Ahzab: 36).
Akhirnya, menikahlah Julaibib yang miskin, buruk rupa, dan tak punya nasab tersebut dengan gadis shalehah seorang bangsawan. Inilah yang difahami oleh Mazhab Maliki, bahwa defenisi kufu' (keharusan kesetaraan antara suami istri) bukanlah soal materi, kedudukan, dan harta benda. Melainkan kufu' ketaqwaan dan kesalehan keduanya.
Kisah ini mengajarkan para sahabat ketika itu dan umat Nabi Muhammad SAW, bahwa di mata Allah SWT semua manusia sama. Yang membedakan derjat mereka hanyalah ketaqwaan saja. Sabda Beliau SAW, "Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan  fisik kalian. Allah hanya melihat hati dan amal perbuatan kalian." (HR Muslim).

Sumber : Harian Republika

No comments: