Al-Jahjah, Pemimpin di Akhir Zaman

Akhir-Zaman1-300x225
BUMI ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa pemimpin. Begitu pula, bumi bisa saja rusak karena seorang pemimpin. Ini menandakan bahwa seorang pemimpin itu sangat berpengaruh besar. Dan sudah menjadi tugas kita untuk tidak salah memilih pemimpin.
Pilihlah pemimpin yang baik, adil juga bijaksana. Darimana kita bisa mengetahuinya? Ini memang hal yang sulit, sebab tidak semua orang membuka jati dirinya. Maka dari itu, tuga kita adalah berdoa, meminta yang terbaik kepada Allah SWT, dan pikirlah lebih baik sebelum memilih. Jika tidak maka diri kita sendiri yang akan merasa rugi.
Hal inilah yang akan terjadi di akhir zaman. Akan muncul sejumlah orang yang memiliki kuasa dan berpengaruh di tengah-tengah masyarakat. Di antara mereka ada yang nama maupun ciri-cirinya disebutkan oleh Nabi SAW. Salah satunya adalah seorang pria bernama al-Jahjah.
Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siang dan malam tak akan hilang sampai ada seorang hamba sahaya menjadi pemimpin. Ia dipanggil dengan nama al-Jahjah,” (HR. Muslim). Sebuah riwayat menyebutkan nama pria ini adalah al-Jahjal.
Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan dalam kitabnya, Fath al Bari bahwa makna kata al-Jahjah adalah teriakan.
Referensi: Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press

No comments: