Sejarah “Mesin Terbang”, bermula dari menara Masjid Cordoba ?

Pada tahun 852 M, dari arah menara muadzin Masjid Cordoba, seseorang yang dikenali sebagai Ibn Firnas melompat dari ketinggian, dengan mengenakan jubah bersayap hasil rancangannya.
Peristiwa ini, menjadikan Abbas ibn Firnas, sebagai manusia pertama yang behasil melayang di udara bersama mesin terbang, dalam catatan sejarah penerbangan dunia.
fly1
Sejarah Mesin Terbang Dunia
Upaya penemuan mesin terbang yang dilakukan Ibn Firnas, kemudian dilanjutkan oleh beberapa ilmuan, diantaranya Eilmer dari Malmesbury yang berusaha terbang di abad ke-11 M.
Desain mesin terbang, juga dirancang oleh seniman terkemuka dunia, Leonardo da Vinci. Dan pada sekitar tahun 1633, seorang ilmuan asal Turki, Lagari Hasan Celebi, menggunakan roket ciptaannya untuk terbang di udara.
fly2
Pesawat terbang dengan desain yang sudah sempurna, berhasil dirancang oleh Wright bersaudara, yang diuji coba pertama kali pada tanggal 17 Desember 1903.
Dengan mesin terbangnya, Wright bersaudara berhasil terbang dengan ketinggian 10 feet, dengan melakukan perjalanan sejauh 120 feet.

Referensi :

1. Abbas ibn Firnas
2. The Flying Monk
3. History of Airplane
4. The Man Who Gave Us Wings
5. Abbas ibn Firnas: “The first Muslim flying machine in 852”

No comments: