Sekte-sekte dalam Komunitas Yahudi

Foto:
Foto:
DI antara kelompok (sekte), Yahudi pasca runtuhnya masa kejayaan mereka (yakni kelompok selain Phareesis dan Sadukees seperti yang telah kita bahas). Ada kelompok (sekte) lain dalam komunitas Yahudi, diantara kelompok-kelompok itu adalah :
1. Mehestanites: Mereka adalah para imigran, datang dari bumi Babilonia yang eksis memegang tradisi Babilonia, sekte ini memperyacai keyakinan Zarathustra yaitu menuhankan bintang-bintang, ruh-ruh baik dan ru-ruh jahat.
2. Misraimites: Yaitu komunitas Yahudi yang sangat gila mempelajari Sihir
“Qabala”, utamanya sihir-sihir yang memakai bacaan mantera-antera, kelornpok ini juga sangat mahir dalam memprediksi rahasia-rahasia angka, serta metafora kalimat-kalimat, semisal kata Messiah (Isa) dan Serpent (ular), jumlah angka rahasianya adalah sama (satu), dengan demikian mereka memprediksi Isa akan dibunuh UIar. Namun motifnya sangat jelas, dengan prediksi seperti kaum Yahudi hendak membusukkan karakter Isa as, untuk melampiaskan rasa kebencian, skeptikpitas, kehasudan mereka terhadap Isa as. Semoga Allah melaknat mereka karena menghianati Isa as. Para pengikut Qabala, mengklaim bahwasanya sihir diturunkan Allah kepada diri mereka melalui lisan para nabi dan rasul-Nya serta melalui lisan para ahli hikmah. Klaim itu merupakan kebohongan yang nyata.
3. Essenes: Adalah komunitas Yahudi yang giat menafsiri ajaran Taurat dengan rumus-rumus dan metafora serta isyarat-isyarat
4. Hellenists : Yaitu kolompok Yahudi yang menambah-nambahi ajaran agama dengan unsur-unsur filsafat Yunani.
5. Therapeutists : Adalah komunitas Yahudi yang memahami (mengerti) bahwasanya kebahagiaan hakiki bisa digapai melalui etas ibadah meditasi.
6. Political Herodians : Mereka adalah pengikut setia raja Herod, (ia merupakan kaki tangan emperium Romawi) yang meninggal pada tahun 4 SM. Herod adalah pengikut setia Sadukees. Kitab Injil banyak menyebut Herod sebagai musuh utama Isa as, (Matius : 22 : 16 )
7. The Zealots: Mereka adalah kaum Yahudi separatis dan kelompok garis keras dalam menerapkan hukum-hukum agama dalam komunitas Yahudi. []
SUMBER: At-Talmud Tarikhuhu wa Ta’alimuhu / Penerbit: Dar An Nafaais – Beirut / Oleh: Zafarul Islamkhan / Penerjemah: Misbah El Majidd. Lc. /Diterbitkan pertamakali oleh: Pustaka Hikmah Perdana, Mihzab, Jakarta / November 2006

No comments: