Telisik Dua Tokoh Misterius dalam Revolt in Paradise

Siapakah sejatinya Anak Agung Nura dan Anak Agung Gede dalam novel Revolt in Paradise? Peneliti asal Swedia menyingkap sebagian tabir K'tut Tantri.


Telisik Dua Tokoh Misterius dalam Revolt in ParadiseJenderal Abdul Haris Nasution selaku Menteri Koordinator Pertahanan/Keamanan dan Kepala Staf ABRI, bersama K'tut Tantri. Foto ini ditampilkan dalam autobiografi K'tut Tantri yang terbit dalam bahasa Indonesia, yang bertajuk Revolusi di Nusa Damai. Buku yang diterbitkan Gunung Agung pada 1965 ini merupakan terjemahan dari edisi Revolt in Paradise yang rilis pada 1961 di New York. (K'tut Tantri, Revolusi di Nusa Damai, PT Gunung Agung.)
“Kenyataan ini menyulitkan penuturan kisah, karena bercerita sejujur-jujurnya mengenai diri sendiri, tidaklah bisa dibilang gampang,” ungkap K’tut Tantri dalam autobiografinya yang bertajuk  Revolt in Paradise.  Dia  menulis dengan gaya roman berdasar pengalamannya di Indonesia sekitar 1934 hingga awal 1947. Buku riwayat hidup itu diterbitkan pertama kali oleh Harper & Brother di New York, Amerika Serikat pada 1960.
Revolt in Paradise telah diterjemahkan lebih dari selusin bahasa. Pada 1965, PT Gunung Agung menjadi penerbit pertama di Indonesia yang merilisnya dengan judul Revolusi di Nusa Damai. Kata sambutannya oleh Presiden Sukarno, dan diikuti sederet para menteri: Chaerul Saleh, A.H. Nasution, Ruslan Abdulgani, Adam Malik; juga seorang mantan menteri, Bung Tomo; dan seorang pejabat jawatan negara, Hoegeng. Belakangan, pada 1982, PT Gramedia menerbitkan ulang autobiografi itu dalam edisi bahasa Inggris. Kemudian, pada 2006, Gramedia Pustaka Utama menerbitkan kembali dalam dua edisi bahasa.
Dia adalah seniman lukis berambut merah, berbadan pendek untuk ukuran orang bule. Nama sejatinya adalah Muriel Stuart Walker. Lahir pada 1899 di Glasgow, Skotlandia, Britania Raya. Anak dari pasangan James Hay Stuart Walker dan Laura Helen Quayle, asal Pulau Man. Dia juga mengaku memiliki darah bangsa Viking yang dikenal pemberani dan gemar petualangan.
“Kenyataan ini menyulitkan penuturan kisah, karena bercerita sejujur-jujurnya mengenai diri sendiri, tidaklah bisa dibilang gampang,” ungkap K’tut Tantri dalam autobiografinya yang bertajuk Revolt in Paradise.
Kisah romantika petualangan Muriel bermula di sebuah gedung bioskop di Hollywood Boulevard yang menyajikan film Bali, The Last Paradise pada 1932. Atas inspirasi film itulah, dia berlayar dari pelabuhan New York menuju Batavia. Entahlah, hingga kini orang tidak pernah menemukan film dengan judul serupa di Amerika—bahkan di seantero dunia.
Sesampainya di Batavia, Muriel bermobil menyusuri pesisir utara Jawa sampai ke Pulau Bali. Di pedalaman tanah para dewata, demikian kisahnya, dia disambut baik oleh Raja Bangli Anak Agung Gede dan anak lelaki semata wayangnya yang bernama Anak Agung Nura. Sang Raja mengangkatnya sebagai anak keempat, dan memberinya nama “K’tut”.
(Simak juga kisah K'tut Tantri yang rencana segera difilmkan setelah tertunda 50 tahun lebih)
K’tut Tantri menetap di Bali sejak 1934 hingga jelang kedatangan Jepang. Nura hendak meminangnya sebagai istri, namun ditolaknya. Tantri mengisahkan bahwa akhirnya Nura dikabarkan tewas dibunuh para pemuda karena diduga antek Belanda.
NURA ADALAH NAMA yang paling banyak disebut dalam buku autobiografi Tantri. Nura disebut sebanyak 152 kali dalam Revolt in Paradise. (Sementara, Sukarno hanya 72 kali). Anehnya, nama itu tak pernah dikenal oleh keluarga Raja Bangli. Saya pun tergelitik bertanya kepada Hans Hägerdal, siapakah sejatinya Anak Agung Nura? Hans merupakan Guru Besar Madya dalam bidang sejarah pada School of Cultural Sciences, Linnaeus University di Växjö, Swedia.
Anak Agung Gede Oka tak lain adalah Anak Agung Nura yang dikisahkan dalam Revolt in Paradise. Tokoh itu juga tewas dibunuh orang Republik pada periode yang sama.
Pada 1998, Hans bertemu Anak Agung Made Rai Rama, lelaki sepuh keturunan Raja Bangli terakhir yang tinggal dalam kompleks puri. Saat Hans bertanya tentang Nura yang berkait dengan K’tut Tantri, Rama dengan sigap menjawab bahwa Nura adalah “Anak Agung Gede Oka”.
Rama juga berkisah, Anak Agung Gede Oka telah memperkenalkan K’tut Tantri kepadanya. Tak sekadar berkenalan, Rama juga menunjukkan kepada Tantri tentang perkebunan kopi di Bangli. Rama juga memiliki kenangan tentang Tantri, misalnya ketika Tantri mengantar anak-anak Bali pergi ke sekolah dengan mobilnya.
“Bangsawan itu memiliki batu permata yang dia dapat sebagai kenang-kenangan dari K’tut Tantri,” ungkap Hans. “Dia memperlihatkannya kepada saya.”
Hans juga berjumpa Anak Agung Gede Ngurah, saudara kandung pahlawan Kapten Anak Agung Gede Anom Muditha. Ngurah berkata kepadanya bahwa “Anak Agung Gede Oka bukanlah anak raja melainkan keponakan dari seorang raja sebelum raja terakhir, I Dewa Gede Taman yang menjabat pada 1925-1930.” Tampaknya, Tantri menyamarkan nama Raja Bangli I Dewa Gede Taman sebagai Anak Agung Gede.
Ngurah juga menegaskan bahwa Oka tewas dibunuh orang Republik karena dia disangka mendukung NICA-Belanda, mungkin sekitar 1945/1946. Fakta ini menguatkan dugaan bahwa Anak Agung Gede Oka tak lain adalah Anak Agung Nura yang dikisahkan dalam Revolt in Paradise. Tokoh itu juga tewas dibunuh orang Republik pada periode yang sama.
“Sungguh berbahaya menggunakan buku perempuan itu sebagai referensi sejarah,” ungkap Hans. “Karena buku ini tak pelak lagi mencampurkan fakta dan fiksi.”
Apakah Revolt in Paradise atau Revolusi di Nusa Damai sebuah kisah fiksi belaka? Dalam halaman pembuka autobiografinya, Tantri telah memberikan pernyataan, “Dengan mengetjualikan orang2 besar. Nama2 dalam buku ini dirobah. Nama2 desa di Bali dirobah. Kedjadian2 dalam segala hal berdasarkan kebenaran. Tentu sadja, peristiwa2 bersedjarah adalah uraian sesungguhnja. Buku ini sesungguhnja benar.
Mahandis Yoanata Thamrin Jurnalis | Editor National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler Indonesia | "For the increase and diffusion of geographic knowledge" Follow @MahandisYoanata

No comments: