Zaman Fitnah, Umat Islam Saling Berperang Antar Sesama

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam mengabarkan akan datangnya fitnah yang mencerai-beraikan tali ukhuwah, sampai berujung penumpahan darah sesama Sungguh, nanti akan terjadi fitnah di mana orang yang tidur lebih baik daripada orang yang duduk, orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri, kata Nabi Zaman Fitnah, Umat Islam Saling Berperang Antar Sesama
Reuters
Jutaan orang mengungsi dari Suriah akibat kekejaman pemimpinnya sendiri, Bashar al Assad (ilustrasi)

SALAH satu ciri datangnya akhir zaman adalah badai fitnah mendera umat Islam. Masing-masing bangga dan fanatik terhadap golongannya sendiri, seolah-olah yang lain lebih buruk.
Perselesihan ini dilanjutkan dengan pertumpahan darah, mereka saling berperang antar sesama, hingga kehormatan mujahidin ikut dilecehkan.
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ يَوْمٌ لَا يَدْرِي الْقَاتِلُ فِيمَ قَتَلَ وَلَا الْمَقْتُولُ فِيمَ قُتِلَ فَقِيلَ كَيْفَ يَكُونُ ذَلِكَ قَالَ الْهَرْجُ الْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ
“Demi Dzat yang jiwaku ini berada dalam genggaman-Nya, dunia ini tidak akan musnah sehingga orang-orang saling bunuh satu sama lain tanpa mengetahui apa penyebabnya. Demikian juga orang yang dibunuh, dia tidak tahu apa penyebabnya sehingga dia harus dibunuh.” Maka, ditanyakanlah kepada beliau, “Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?” Beliau menjawab, “Itulah al-harj, yang membunuh dan yang dibunuh sama-sama di neraka.” (HR. Muslim, Al-Fitan, hadits no. 2908 [Muslim bi Syarh An-Nawawi (9/230)).
Di masa kenabian, di saat para sahabat hidup di bawah naungan sunnah yang kokoh, maka tali ukhuwah imaniyah mampu mengikat hati-hati mereka satu sama lainnya. Mereka laiknya saudara kandung. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggambarkan seperti jasad yang satu, yang bila ada anggota tubuhnya terluka atau tersakiti maka anggota tubuh lainnya pasti akan ikut merasakannya.
Namun Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam juga mengabarkan akan datangnya fitnah yang akan mencerai-beraikan tali ukhuwah, bahkan sampai berujung pada penumpahan darah sesama mereka.
Para ulama dan ahli sejarah menyepakati bahwa awal mula pertumpahan darah sesama umat Islam dimulai setelah wafatnya Umar bin Khattab, tepatnya di masa Usman bin Affan.
Hudzaifah ra berkata: Saat itu kami sedang duduk-duduk bersama Umar. Maka berkatalah Umar, “Siapakah di antara kalian yang tahu betul terhadap sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang berkaitan dengan fitnah?” Maka aku pun menjawab, “Akulah orangnya.” Maka, Umar berkara, “Sungguh, engkau terhadap masalah ini termasuk orang yang berani.” Maka aku pun langsung mengatakan permasalah itu di hadapannya, “(Ketahuilah), fitnah yang menimpa seorang laki-laki terkait keluarga, harta, anak, atau tetangganya dapat dilebur dengan shalat, puasa, sedekah, dan melakukan amar makruf dan nahi munkar.” Umar berkata, “Bukan itu yang aku maksudkan, tetapi fitnah yang menerpa (umat Islam) laksana gelombang samudera.” Maka Hudzaifah berkata, “(Tenang saja) engkau tidak akan mengalami pedihnya fitnah itu, wahai Amirul Mukminin, karena antara fitnah itu dan diri Anda terdapat pintu yang tertutup (yang menghalanginya).” Umar balik bertanya, “Apakah pintu tersebut akan terbuka atau didobrak?’ Hudzaifah menjawab, “Pintu tersebut akan didobrak secara paksa.” Kami (perawi) pun berkata, “Apakah Umar juga mengetahui ‘pintu’ itu?” Hudzaifah menjawab, “Iya, dia pun juga mengetahuinya seperti siang yang akan mendahului malam. Ketahuilah, aku tidak menceritakan hal ini dengan mengada-ada. Biarkan aku pergi untuk bertanya langsung kepada Hudzaifah. Maka kami pun menyuruh Masruq untuk menanyakannya, maka Hudzaifah pun menjawab, ‘Pintu itu adalah Umar’.” [HR. Al-Bukhari, bab: Mawâqit Ash-Shalah, hadits no. 525 [Fath Al-Bâri (2/11)]. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Muslim: Bab Al-Fitan wa Al-Malâhim, hadits no. 144 [Muslim bi Syarh An-Nawawi (9/215)].
Riwayat di atas menjelaskan bahwa Umar adalah batas akhir sebelum datangnya fitnah yang akan menimpa kaum Muslimin. Maka sejak terbunuhnya Usman bin Affan, fitnah peperangan dan pembunuhan antar sesama Muslim akan terus berlangsung hingga kiamat.
melawan musuh-musuhnya. Inilah yang kita saksikan atas umat Islam di Negeri Syam, ketika mereka ditimpa kedzaliman dan keganasan musuh-musuhnya dari kalangan Syiah Nushairiah.
Ribuan umat Islam bangkit dan berbondong-bondong berhijrah menuju negeri yang dijanjikan penuh keberkahan. Dan secara perlahan, umat Islam bangkit dari ketertindasan. Sementara kemenangan demi kemenangan terus mereka raih atas musuh-musuhnya.
Namun kegembiraan itu tidak berjalan panjang. Tiba-tiba kita dikejutkan dengan perselisihan antar umat Islam, antar para mujahid yang di tangan mereka tergenggam senjata. Maka perjuangan umat Islam melawan musuh-musuhnya ternoda dengan darah-darah yang tertumpah oleh sesama mereka.
Lebih menyedihkan bahwa perselisihan itu tidak hanya menimpa kepada mereka yang berada di medan konflik, namun juga melebar melalui berbagai jejaring sosial di seluruh dunia. Perang darah itu meluas hingga perang tinta di dunia maya. Kehormatan para mujahid itu tercoreng oleh lisan-lisan umat Islam yang terseret badai fitnah yang bertiup kencang.
Masing-masing terjebak pada fanatisme pembelaan kelompok idolanya. Setiap orang dengan gadget di tangannya terlalu bebas untuk membuat statemen yang menciderai kehormatan para ulama dan syuhada.
Sungguh, mereka yang lisan dantangannya Allah selamatkan dari menodai kehormatan saudaranya adalah manusia yang paling beruntung di saat badai fitnah itu datang.
Jika dia termasuk yang dikaruniai Allah kemampuan untuk mendamaikan dua saudaranya yang bertikai, maka itu adalah sebesar-besar karunia dan seagung-agung pahala. Namun jika ia bukantermasuk di dalamnya, maka berdoa untuk kebaikan kaum Muslimin dan berupaya menahan lisan dantangannya dari menodai kehormatan mereka adalah pilihan yang terpuji. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengingatkan:
“Sungguh, nanti akan terjadi fitnah di mana orang yang tidur lebih baik daripada orang yang duduk, orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari.” Abu Bakrah bertanya, “Apa yang Anda perintahkan kepadaku jika aku menemui hal semacam itu?” Beliau menjawab, “Barangsiapa yang mempunyai unta hendaknya dia pergi dengan untanya, barangsiapa yang memiliki kambing hendaknya dia pergi dengan membawa kambingnya, dan barangsiapa yang mempunyai tanah hendaknya dia pergi dengan membawa hasil penjualan tanahnya. Namun bagi mereka yang tidak mempunyai apa-apa hendaknya dia menghantamkan pedangnya pada batu keras (agar rusak) kemudian menyelamatkan diri semampunya.” [HR. Muslim, Al-Fitan, hadits no. 2887 [Muslim bi Syarh An-Nawawi (9/208)]. Abu Dawud, Al-Fitan wa Al-Malâhim, hadits no. 4238 [‘Aun Al-Ma‘bûd (11/335)].
Ya, menyibukkan diri dengan amal shalih yang sesuai dengan bidang dan kemampuannya dengan tetap berupaya memberi manfaat kepada umat yang sebanyak-banyaknya adalah di antara pilihan amal yang terbaik. Allah tidakakan menuntut kita di luar batas kemampuan kita. Semoga Allah menyatukan hati-hati kaum Muslimin dan menaungi mereka dengan rahmat-Nya. Amiiiin.*

Abu Fatiah Al-Adnani adalah penulis buku-buku Akhir Zaman
Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

No comments: